alexametrics

Cara Membersihkan Kelebihan Deterjen di Mesin Cuci Agar Tidak Bau

Rifan Aditya
Cara Membersihkan Kelebihan Deterjen di Mesin Cuci Agar Tidak Bau
Cara Membersihkan Kelebihan Deterjen di Mesin Cuci Agar Tidak Bau - Ilustrasi wanita cuci baju. (Pexels/RODNAE Productions)

Terlalu banyak deterjen justru membuat cucian kaku dan bisa mengiritasi kulit.Ini cara membersihkan kelebihan deterjen agar tidak berbau di mesin cuci.

Suara.com - Usai mencuci pakaian dengan mesin cuci, amati apa ada sisa gelembung sabun yang tersisa. Jika ada, simak cara membersihkan kelebihan deterjen agar tidak berbau di mesin cuci.

Cara membersihkan kelebihan deterjen ini disadur dari Hunker. Simak dan perhatikan baik-baik agar cucian kalian wangi dan rapi.

Gelembung sabun yang tertinggal di mesin cuci, menunjukkan deterjen yang dituangkan terlalu berlebihan. Terlalu banyak deterjen justru membuat cucian kaku dan bisa mengiritasi kulit. 

Deterjen Berlebihan Tak Selalu Membuat Bersih

Baca Juga: Pria Kaget Temukan iPhone 5 di Ember Cucian, Langsung Dibanting pas Lihat Bagian Depan

Menurut pakar laundry, Gagliardi, busa yang berlebihan akan dapat menahan kotoran yang ditarik dari pakaian. Dan malah tersangkut di area yang jarang dibersihkan dan menyebabkan penumpukan bakteri, seperti bawah kerah.

Busa berlebihan yang dihasilkan membuat proses pencucian tidak efektif karena akan melindungi pakaian tidak bergesekan satu sama lain. Padahal, gesekan itu yang akan membuat pakaian bersih secara tuntas. 

Kesimpulannya, penggunaan deterjen ekstra atau berlebihan justru akan membuat pakaian lebih kotor, tidak jadi bersih. Di samping itu, kandungan deterjen yang bagus harus mengandung enzim untuk memecah noda protein agar bahan pembersih lebih mudah mengangkatnya. 

Cara Membersihkan Kelebihan Deterjen

Sebagai peralatan elektronik, mesin cuci juga perlu untuk dibersihkan, terutama setelah menuangkan terlalu banyak deterjen. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan di rumah dapat dimanfaatkan untuk membuang kelebihan deterjen.

Baca Juga: Pakaian Bau Meski Sudah Dicuci, Ini Penyebab dan 3 Cara Ampuh Mengatasinya

  1. Menghilangkan Sisa Sabun
    Mesin cuci bagian dalam dilap memakai lap kain kering untuk menghilangkan sebanyak mungkin sisa gelembung dan deterjen. Bersihkan hingga sisa deterjen tidak tersisa, lalu ganti dengan kain bersih.
  2. Mengaplikasikan Cuka
    Isi air pada tabung mesin cuci secukupnya. Kemudian tambahkan dia cangkir cuka suling putih.
  3. Hidupkan Mesin Cuci
    Nyalakan mesin cuci dalam satu siklus penuh. Larutan cuka berperan sebagai bahan pembilasan yang membantu dalam memecahkan residu sabun deterjen yang berlebihan 
  4. Membilas Bau Cuka
    Jalankan mesin cuci pada siklus pembilasan kedua dengan tujuan membilas bau cuka dan menghilangkan sisa sabun yang tertinggal.
  5. Ulangi Langkah 
    Ulangi langkah pembersihan 3 dan 4 hingga sisa deterjen. benar-benar menghilang dari mesin cuci.

Itulah beberapa langkah cara membersihkan kelebihan deterjen di mesin cuci. Langkah pembersihan mesin cuci secara rutin perlu untuk dilakukan agar awet dan terhindar dari kerusakan. Semoga bermanfaat.

Komentar