alexametrics

5 Inspirasi Ruang Tamu Japandi, Nyaman dan Bikin Tamu Betah Ngobrol

Vania Rossa
5 Inspirasi Ruang Tamu Japandi, Nyaman dan Bikin Tamu Betah Ngobrol
Inspirasi Ruang Tamu Japandi. (Dekoruma)

Idealnya, ruang tamu diposisikan pada area yang terpisah dari ruang keluarga.

Suara.com - Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, Anda mungkin jarang atau tidak pernah menerima tamu. Meskipun demikian, hadirnya ruang tamu dalam sebuah hunian tetap diperlukan. Apalagi kalau sering menerima tamu dalam berbagai situasi.

Idealnya, ruang tamu diposisikan pada area yang terpisah dari area tinggal seperti ruang keluarga, ruang TV, atau area lain yang menjadi tempat aktivitas keluarga. Ini guna menjaga privasi anggota keluarga lain.

Setidaknya, ada sekat semi permanen yang menandakan area untuk tamu dan area khusus untuk keluarga. Di beberapa hunian yang berukuran besar, toilet pun disediakan terpisah untuk tamu dekat ruang tamu.

Walaupun begitu, tidak semua orang memiliki hunian yang cukup luas untuk memiliki ruang tamu sendiri. Tak jarang, ruang keluarga juga difungsikan untuk ruang tamu. Terutama, bila posisinya berada tepat di pintu masuk utama.

Baca Juga: 5 Inspirasi Desain Interior Japandi Klasik yang Tak Lekang oleh Waktu

Hadirkan ruang tamu yang pantas dan nyaman untuk menjamu tamu dengan desain interior yang berkualitas. Salah satu rekomendasinya adalah Japanese-Scandinavian atau Japandi
yang minimalis dan modern.

Dekoruma sudah mengumpulkan lima inspirasi ruang tamu bergaya Japandi dan turunannya untuk bisa dicontoh dalam mendekorasi atau meningkatkan tampilan dan kenyamanan
ruang tamu.

1. Perpaduan Desain Interior Japandi dan Industrial

Inspirasi Ruang Tamu Japandi. (Dekoruma)
Inspirasi Ruang Tamu Japandi. (Dekoruma)

Japandi dikenal dengan desain dan tampilannya yang simpel, fungsional, dan tepat guna. Terlihat dari penggunaan furnitur-furnitur esensial untuk ruang tamu. Perpaduan sofa tiga tempat duduk, sofa dua tempat duduk, dan coffee table bundar berhasil menjadi pemanis dan aksen menarik untuk ruang tamu.

Kemudian, unsur Industrial didapatkan dari finishing pada area ruang tamu itu sendiri. Pemasangan dinding batu bata, kolom-kolom besi yang dibiarkan terekspos, sampai bagian plafon yang dibiarkan memperlihatkan motif atap yang digunakan.

Baca Juga: Tips Menata Ruang Tamu Menurut Feng Shui: Atur Pencahayaan Hingga Posisi Sofa

Untuk menambah suasana hangat dan nyaman, pemilik hunian menggunakan pencahayaan warna kuning, menambah kipas angin, dan bantal sofa. Lebih dari itu, sebenarnya ini merupakan ruang keluarga yang juga berfungsi sebagai ruang tamu.

Komentar