alexametrics

5 Desain Interior Apartemen Japandi yang Bisa Buat Hunian Lebih Nyaman

Vania Rossa
5 Desain Interior Apartemen Japandi yang Bisa Buat Hunian Lebih Nyaman
Desain Interior Apartemen Japandi. (Dekoruma)

Tidak hanya minimalis, sederhana, dan masuk akal, Japandi juga dikenal dengan kemampuannya untuk menghemat ruang.

Suara.com - Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang memilih apartemen sebagai hunian pertamanya. Apakah Anda salah satu di antaranya? Jika ya, berarti Anda harus ingat bahwa tinggal di apartemen berarti siap untuk punya area tinggal yang lebih kecil daripada rumah tapak. Dan oleh karena itu, mendesain interior apartemen harus dilakukan dengan tepat guna agar apartemen tidak terasa sempit dan layak huni.

Tren desain interior yang direkomendasikan untuk apartemen saat ini adalah desain interior modern. Scandinavian, Industrial, ataupun perpaduan Japanese dan Scandinavian, Japandi, merupakan beberapa dari desain modern yang banyak diminati.

Tidak hanya minimalis, sederhana, dan masuk akal, Japandi juga dikenal dengan kemampuannya untuk menghemat ruang (space-saving). Ini dilakukan melalui penggunaan furnitur-furnitur yang esensial dan multifungsi, penggunaan warna-warna netral, serta pencahayaan alami dari sinar matahari ke dalam apartemen. Juga, memastikan semua ruangan berfungsi dengan sesuai peruntukannya.

Mendesain interior apartemen yang masih kosong atau merenovasinya bisa memusingkan bila tidak ada inspirasi. Untuk itu, Dekoruma memberikan lima inspirasi desain interior apartemen Japandi yang juga merupakan signature style dari Dekoruma.

Baca Juga: Pandemi, Pembelian Apartemen di Australia Meningkat Selama Lockdown

1. Mendefinisikan Japandi pada Desain Interior Apartemen

Desain Interior Apartemen Japandi. (Dekoruma)
Desain Interior Apartemen Japandi. (Dekoruma)

Sebagai desain interior, Japandi memiliki beberapa turunan. Namun, berbicara soal Japandi murni, beberapa karakteristik khasnya cocok diaplikasikan ke dalam
apartemen.

Dimulai dari penggunaan warna putih yang dominan untuk tampilan bersih dan lapang, dan ditambah dengan pencahayaan alami dari jendela untuk membuat ruangan menjadi lebih terang dan hidup. Kemudian juga penggunaan material kayu yang cukup banyak, dengan hadirnya warna sekunder dan aksen. Begitu pula dengan tanaman hias untuk nuansa lebih segar dan alami.

Dari dua filosofi yang diadopsinya, wabi-sabi (Jepang) dan lagom (Skandinavia), Japandi adalah desain interior yang mengedepankan keseimbangan, estetika, dan kenyamanan dalam kesederhanaan.

2. Dapur Lengkap Impian Tidak Mustahil di Apartemen

Baca Juga: 5 Inspirasi Dapur Sempit tapi Mewah ala Japandi

Desain Interior Apartemen Japandi. (Dekoruma)
Desain Interior Apartemen Japandi. (Dekoruma)

Bagi Anda yang hobi masak, memiliki dapur yang lengkap di apartemen tampaknya sulit direalisasikan. Namun, ternyata tidak demikian. Dibantu dengan desain Japandi, inilah cara memaksimalkan kitchen set pada ruangan yang tidak terlalu besar.

Komentar