alexametrics

Jenis Pupuk Anggrek Agar Rajin Berbunga, Pakai Dekastar

Rifan Aditya
Jenis Pupuk Anggrek Agar Rajin Berbunga, Pakai Dekastar
Jenis Pupuk Anggrek Agar Rajin Berbunga, Pakai Dekastar - Pekerja merawat Anggrek (Orchidaceacea) hasil budidaya di Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (2/3). [Suara.com/Arief Hermawan P]

Salah satu jenis pupuk anggrek agar rajin berbunga adalah pupuk dekastar atau decastar fertilizer.

Suara.com - Bunganya yang cantik menjadi salah satu alasan mengapa bunga anggrek layak untuk dipelihara. Namun, untuk mendapatkan bunga dengan warna yang indah, Anda perlu memberi jenis pupuk anggrek yang tepat.

Dilansir dari laman YouTube Fahrul Fahrul, salah satu jenis pupuk anggrek agar rajin berbunga adalah pupuk dekastar atau decastar fertilizer.

Pupuk dekastar sendiri terdiri atas dua jenis. Pertama, pupuk dekastar untuk pembungaan anggrek. Sedangkan jenis kedua lebih cocok digunakan untuk pertumbuhan akar, batang serta daun bunga anggrek.

Jadi sebelum memilih pupuk dekastar pastikan terlebih dahulu fokus pemupukan Anda. Sehingga percuma jika anda memakai jenis pupuk anggrek untuk pertumbuhan akar, maka tidak akan cepat berbunga. Belilah dekastar untuk pupuk anggrek agar rajin berbunga. 

Baca Juga: Tips Agar Bunga Anggrek Cepat Mekar, Tinggi Tempat Tanam Berpengaruh

Jangan Salah Pilih Pupuk Dekastar 

Apabila Anda menginginkan bunga anggrek lebih rajin berbunga, maka pilihlah pupuk dekastar dengan kadar N (nitrogen) yang lebih rendah atau kecil dari kadar P (phospat) dan K (kalium).

Sedangkan apabila Anda mencari pupuk dekastar untuk pertumbuhan batang, akar serta daun anggrek, pilihlah pupuk dekastar dengan kadar nitrogen yang lebih tinggi daripada phospat dan Kalium-nya.

Selain itu, penggunaan pupuk dekastar juga tidak dikhawatirkan dapat membuat anggrek layu atau mati. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menaburkan atau meletakkan pupuk dekastar ke bagian dekat akar bunga anggrek.

Lalu, apabila pupuk dekastar mengenai bagian akar atau tersangkut pada sela-sela daun bunga anggrek, Anda tidak perlu khawatir daun anggrek akan busuk. Karena, pupuk dekastar sendiri sangat bagus untuk pertumbuhan daun hingga menjadi bunga anggrek.

Baca Juga: Cara Membuat Pupuk Cair yang Hemat Biaya Perawatan Tanaman dan Awet

Sebelum Memberi Pupuk pada Anggrek

Komentar