alexametrics

Ingin Adopsi Anabul? Ini Tips Membesarkan Anak Kucing yang Harus Kamu Tahu

Vania Rossa
Ingin Adopsi Anabul? Ini Tips Membesarkan Anak Kucing yang Harus Kamu Tahu
Ilustrasi seekor anak kucing (Shutterstock).

10 hal yang harus kamu tahu sebelum memutuskan mengadopsi anak kucing.

Suara.com - Setiap hewan peliharaan memiliki karakteristik masing-masing, sehingga cara perawatannya pun berbeda-beda. Bagi Anda yang ingin mengadopsi anak kucing, Anda harus tahu tantangan apa saja yang akan dihadapi ketika membesarkan mereka.

Dilansir dari Purina, anak kucing bergantung pada Anda untuk menjaga mereka agar tetap aman sehingga dapat tumbuh dengan baik di rumah barunya. Berikut hal yang harus Anda lakukan dalam membesarkan anak kucing.

1. Perhatikan umur kucing sebelum diadopsi
Usia yang ideal untuk mengadopsi anak kucing adalah 10 hingga 12 minggu. Beberapa anak kucing telah diadopsi pada usia 6 minggu, namun hal tersebut bisa mengakibatkan mereka stres dan mungkin membuat mereka takut.

Anak kucing yang telah dirawat oleh manusia secara lembut akan lebih ramah dan bisa menyesuaikan diri dengan baik, jadi carilah rasa keingintahuan dan kepercayaan diri pada anak kucing yang baru Anda adopsi ya.

Baca Juga: 3 Penyebab Kucing Kencing Darah, Terlalu Banyak Makan Dry Food Salah Satunya

2. Penuhi kebutuhan dasar kucing
Anak kucing kecil membutuhkan tempat yang membuat mereka merasa aman, yang mengingatkan mereka akan rasa dikelilingi oleh ibu dan saudara-saudaranya. Kotak kardus berlapis selimut atau tempat tidur kucing bisa menjadi solusi yang bagus.

Pada tahun pertama, anak kucing membutuhkan protein dan kalori ekstra dari makanan yang diformulasikan untuk anak kucing. Jadi pastikan makanan yang Anda pilih cocok untuk mereka, ya.

Mulailah melatih anak kucing untuk membuang kotorannya di boks pasir dengan menempatkan mereka di dalamnya setiap kali usai makan atau tepat setelah bangun tidur, dan simulasikan secara lembut untuk menggali dengan cakarnya.

Jangan pernah menghukum anak kucing karena mereka buang kotoran sembarangan, dan selalu puji mereka apabila berhasil membuang kotoran dengan benar. Selain itu, sediakan tiang dan mainan untuk menggaruk agar perabotan Anda tidak rusak.

3. Perkenalkan mereka terhadap anggota keluarga secara bertahap
Tempatkan anak kucing di ruangan yang tenang dengan tempat tidur, boks pasir, dan makanannya hingga dia menyesuaikan diri. Perkenalkan anggota keluarga satu per satu, dan berikan pengawasan ekstra terhadap anak-anak.

Baca Juga: Kocak! Aksi Anak Kucing Ikut Lomba 17 Agustus, Warganet Gemas

Ajarkan cara berinteraksi dengan anak kucing secara lembut dan perlahan, serta ingatkan mereka untuk mencuci tangan setelah memegang anak kucing.

Komentar