alexametrics

Kerap Bikin Penasaran, Ternyata Begini Cara Membersihkan Mesin Permen Kapas

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
Kerap Bikin Penasaran, Ternyata Begini Cara Membersihkan Mesin Permen Kapas
Ilustrasi permen kapas (Unsplash @curology)

Ternyata ada cara tersendiri, lho, untuk membersihkan mesin permen kapas.

Suara.com - Permen kapas atau arum manis menjadi jajanan masa kecil yang kerap dirindukan. Teksturnya yang lembut serta rasanya yang manis dan meleleh di mulut menjadi daya tarik dari jajanan ini.

Melihat orang membuat permen kapas dari mesin sudah bisa. Namun, pernahkah Anda penasaran bagaimana cara membersihkannya?

Seorang wanita menunjukkan cara membersihkan mesin permen kapas yang ia miliki. Hal ini ia bagikan melalui akun TikTok @melinda.chia.

Awalnya, Melinda menunjukkan mesin permen kapasnya cukup kotor. Gula-gula tertempel di permukaan mesin sehingga ia harus segera memberishkannya.

Baca Juga: 7 Tanda Mesin Cuci Rusak, Tagihan Listrik Membengkak sampai Penggunaan Deterjen Berlebih

Pertama ia menyalakan mesin kemudian menuangkan air ke lubang di bagian tengah. Mesin yang panas itu kemudian mengeluarkan uap setelah diberi air.

Membersihkan mesin permen kapas (TikTok @melinda.chia)
Membersihkan mesin permen kapas (TikTok @melinda.chia)

Saat itulah gula-gula yang ada di permukaan jadi mudah dilepas. Melinda kemudian mematikan mesin dan membawanya ke kamar mandi karena ukurannya terlalu besar untuk dicuci di dapur.

Gula-gula itu dituang di kloset dan ia cuci menggunakan shower. Ia memberi sabun ke semua permukaannya kemudian dibilas hingga bersih.

Setelah kegiatan mencuci selesai ia mengelap mesin dan mejanya. Ia juga mencongkel gula yang jatuh ke bagian luar wajan.

Setelah semuanya terlihat bersih, Melinda menggabungkan alat-alat yang semula terpisah. Mesin permen kapas yang telah selesai dibersihkan pun siap digunakan kembali.

Baca Juga: Resep Aneka Macam Telur Gulung Homemade, Jajan Murah yang Wajib untuk Dicoba!

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Ngelihat ini kok malah jadi penasaran berapa tagihan listrik rumahnya ya," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Kayaknya kalau gue gula-gula yang nempel itu bakal gue makan deh. Sayang soalnya wkwk," ujar warganet ini.

"Oke sekarang udah tahu cara bersihinnya. Sekarang tinggal mikir gimana caranya punya duit banyak buat beli mesin permen kapas," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Senin (23/8/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 2 juta kali di TikTok.

Untuk melihat video selengkapnya, klik di sini!

Komentar