alexametrics

Mencium Aroma Makanan Bikin Lapar? Faktanya, Malah Bisa Kurangi Nafsu Makan, Lho

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Mencium Aroma Makanan Bikin Lapar? Faktanya, Malah Bisa Kurangi Nafsu Makan, Lho
mencium aroma makanan. (Pixabay)

Peneliti menyarankan untuk mencium aroma makanan selama 2 menit untuk mengendalikan nafsu makan.

Suara.com - Banyak orang mengnggap bahwa aroma makanan atau masakan bisa merangsang rasa lapar. Tapi, penelitian terbaru membuktikan bahwa mencium aroma makanan ternyata malah bisa membantu menurunkan nafsu makan.

Hal ini membuktikan indra penciuman sangat berpengaruh besar terhadap pilihan makanan, dan peneliti berhasil membuktikan mencium aroma makanan lebih lama bisa mengendalikan nafsu makan.

Mengutip Insider, Sabtu (28/8/2021), penelitian ini dilakukan oleh para peneliti di University of South Florida dan diterbitkan dalam Journal of Marketing Research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin lama seseorang mencium aroma makanan yang diidamkan, justru bisa mengurangi keinginan untuk mengonsumsinya.

"Sistem penciuman dan pengecapan (indra perasa) saling berhubungan dan otak tidak bisa membedakan antara rangsangan yang didapatkan dari sistem sensorik berbeda," ujar peneliti utama Dipayan Biswas.

Baca Juga: Sering Jadi Omongan, Marshanda Ungkap Alasan Berat Badannya Naik Banyak

Sehingga otak tidak bisa membedakan apakah tubuh kenyang oleh indra pengecapan atau indra penciuman. Sehingga saat hanya indra penciuman yang bekerja menghirup aroma makanan, dianggap bahwa makanan sudah dikonsumsi oleh tubuh.

Dalam penelitian ini, Biswas memasang alat penguap atau pewangi di sebuah ruangan yang memancarkan aroma makanan ringan yang secara berkala diganti dengan aroma makanan yang berbeda.

Penelitian ini dilakukan di departemen store dan kafe, dan peserta yang menghirup aroma tersebut harus bisa menilai apakah aroma mempengaruhi selera makan meraka.

Hasilnya, meraka yang mencium aroma makanan seperti pizza atau kue selama 30 detik cenderung memiliki nafsu makan yang lebih besar dibandingkan mereka yang menghirup aroma selama dua menit. Bahkan beberapa malah ingin jadi ingin mengonsumsi makanan ringan seperti apel dan stroberi.

Ini terjadi karena tubuh tidak bisa membedakan apakah hanya mencium aroma makanan atau benar-benar memakannya. Sehingga, saat ingin menahan godaan camilan, maka cobalah tahan selama dua menit, tarik napas, dan nikmati aromanya.

Baca Juga: Tak Nafsu Makan Saat Hamil, Wanita Ini Lahirkan Bayi Besar Seberat 5,6 Kg

Komentar