alexametrics

4 Hal yang Harus Anda Ketahui Saat Terjebak dalam Hubungan Beracun

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
4 Hal yang Harus Anda Ketahui Saat Terjebak dalam Hubungan Beracun
Ilustrasi Hubungan Asmara. (unsplash.com/Vladyslav Tobolenko)

Ada beberapa hal yang perlu diingat oleh Anda yang terjebak dalam hubungan beracun.

Suara.com - Hubungan yang sehat lahir dari sebuah kejujuran, saling mendukung, dan saling memberi energi positif satu sama lain. Hal itu akan berbeda jika Anda terjebak dalam toxic relationship atau hubungan beracun yang bisa merusak mental dan hidup Anda.

Ada dampak buruk yang bisa terjadi pada korban hubungan beracun, mulai dari insecure, kurang percaya diri, tidak dihargai, dan direndahkan.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diingat oleh Anda yang terjebak dalam hubungan beracun seperti yang dilansir dari Healthshots.

1. Anda tidak bisa mengubah orang lain
Ketika Anda terjebak dalam hubungan beracun dan berharap pasangan berubah, kecil kemungkinan itu terjadi. Pasalnya, Anda tidak bisa mengubah orang lain selain mereka sendiri. Jika sudah lelah, biarkan mereka pergi. Bisa jadi dia memang tidak ditakdirkan untuk Anda.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Pasangan Jahat Tak Juga Melepaskanmu

Ilustrasi Hubungan Buruk. (pexels.com/Alex Green)
Ilustrasi Hubungan Beracun. (pexels.com/Alex Green)

2. Jangan menurunkan harga diri Anda
Kadang Anda tidak sadar saat memiliki pasangan beracun di mana Anda akan lebih banyak berusaha dibanding mereka. Anda selalu menurunkan harga diri Anda saat bersama pasangan agar hubungan berjalan baik-baik saja. Padahal, ini bisa berdampak buruk untuk mental Anda. Lepaskan jika memang tidak mau kerja sama.

3. Adanya ketidakseimbangan yang cenderung negatif

Ilustrasi Hubungan Asmara. (pexels.com/Alex Green)
Ilustrasi Hubungan . (pexels.com/Alex Green)

Sebagian besar dari kita yang memiliki konsep cinta yang salah, cenderung mengambil kendali dalam suatu hubungan. Padahal, hubungan harus berjalan dua arah dan adanya keseimbangan dalam hubungan cenderung positif.

Jika sebaliknya, bisa saja Anda terjebak di hubungan yang toksik. Salah satunya bisa menimbulkan rasa takut, paksaan, penghinaan, dan kebencian.

4. Pecelehan fisik dan emosional
Pasangan yang toksik bisa saja melecehkan Anda secara fisik dan emosional. Tentunya, sikap mereka terpaksa Anda terima dibanding melawan, karena Anda tidak berani untuk lepas.

Baca Juga: Belum Sembuh dari Hubungan Beracun? Ini yang Bisa Anda Lakukan!

Dalam banyak kasus, ciri-ciri ini berasal dari orang yang punya sikap narsistik. Di mana mereka bisa merendahkan Anda dan merasa dirinya lebih baik.

Komentar