alexametrics

6 Manfaat Tanaman Tanduk Rusa yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

Rima Sekarani Imamun Nissa
6 Manfaat Tanaman Tanduk Rusa yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh
Tanaman tanduk rusa. (Unsplash/Timothy Dykes)

Bukan cuma jadi tanaman hias, berikut beberapa manfaat tanaman tanduk rusa untuk kesehatan tubuh.

Suara.com - Terdapat beberapa bukti ilmiah yang memaparkan manfaat tanaman tanduk rusa (deer antler) yang dilakukan di berbagai negara, seperti Rusia, Korea, Cina, Jepang, Australia, dan Selandia Baru. Penggunaan tanaman tanduk rusa untuk pengobatan tradisional telah direkomendasikan sebagai suplemen kesehatan sehari-hari.

Lebih lengkapnya, simak ulasan manfaat tanaman tanduk rusa seperti dilansir dari Antle Farms, sebagai berikut:

Manfaat Tanaman Tanduk Rusa

Umumnya, peneliti sepakat bahwa tanaman tanduk rusa bermanfaat merangsang sistem tubuh untuk melindungi, memperkuat, dan mengembalikan fungsi yang tidak seimbang.

Baca Juga: Cara Merawat Rosemary Sampai Subur dan Tidak Mudah Mati

Ilustrasi pemeriksaan kesehatan tulang. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan tulang. (Sumber: Shutterstock)

1. Memperkuat Kesehatan Tulang dan Sendi

Erosi tulang rawan dan osteoarthritis disebabkan kekurangan glikosaminoglikan dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman tanduk rusa dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan gejala yang berhubungan dengan osteoarthritis. Hal ini berkat efek anti-inflamasi yang kuat dari senyawa glikosaminoglikan untuk membantu merangsang perbaikan tulang rawan.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Penelitian di Selandia Baru menemukan bahwa tanaman tanduk rusa dapat membantu mendorong pertumbuhan pembuluh darah baru yang mempercepat penyembuhan luka dan pemulihan dari operasi besar. 

3. Membantu Fungsi Seksual yang Sehat

Baca Juga: Bangga, Indonesia Punya Lebih 32.000 Ramuan Obat Tradisional yang Diakui Khasiatnya

Studi Fisher dan Wang menunjukkan bahwa tanaman tanduk rusa dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria dan dapat membantu mencegah beberapa kondisi yang terkait dengan penuaan. WebMD mencatat bahwa tanaman herbal ini digunakan untuk meningkatkan libido, mengobati disfungsi ereksi pria, dan meningkatkan kesuburan

Infografis cek fakta dari Satgas Covid-19. (Dok. Satgas Covid-19)
Infografis cek fakta dari Satgas Covid-19. (Dok. Satgas Covid-19)

Secara tradisional, tanaman ini juga digunakan untuk mengobati gangguan seksual pada pria seperti ejakulasi dini, air mani encer, dan impotensi.

Bagi wanita, tanaman tanduk rusa bisa meringkan gejala terkait dengan pra-menstruasi dengan menghilangkan kram, menekan perubahan suasana hati, meningkatkan energi, dan juha untuk mengobati keputihan, pendarahan rahim, infertilitas, dan menopause.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat tanaman tanduk rusa juga dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah normal dan menstabilkan tekanan darah abnormal.

Kandungan Polisakarida di dalamnya telah dikaitkan dengan aktivitas biologis, seperti meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kecenderungan darah menggumpal, mengurangi risiko stroke, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara umum.

5. Mengelola Kinerja Mental dan Suasana Hati

Studi klinis menunjukkan tanaman tanduk rusa berfungsi sebagai antidepresan dan pengatur suasana hati. Pengaruh Pantocain dalam tanaman tanduk rusa pada kinerja mental telah diuji.

Manfaat tanaman ini rupanya memungkinkan neurotransmiter vital tersedia lebih lama untuk struktur otak dan meningkatkan suasana hati. 

6. Menstimulasi Kekebalan Tubuh

Tanaman herbal ini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan telah ditemukan sebagai sumber alami imunoglobulin yang melawan infeksi dan penyakit.

Selain itu, efek tanaman ini terbukti meningkatkan makrofag, merangsang produksi limfosit, dan meningkatkan jumlah sel darah merah dan putih. Efek tanaman ini dapat secara langsung melengkapi kemampuan tubuh untuk melawan penyakit dan memelihara kesehatan. 

Demikian manfaat tanaman tanduk rusa bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar