alexametrics

Ingin Mulai Olahraga Lagi Setelah Lama Vakum? Jangan Langsung Gaspol, Begini Triknya!

Risna Halidi | Lilis Varwati
Ingin Mulai Olahraga Lagi Setelah Lama Vakum? Jangan Langsung Gaspol, Begini Triknya!
Ilustrasi olahraga (unsplash.com).

Untuk mulai olahraga kembali, dibutuhkan beberapa trik yang harus dilakukan.

Suara.com - Memulai kembali berolahraga setelah lama tidak melakukannya, mungkin bagi sebagian orang terasa cukup berat dan melelahkan. Ketahanan tubuh untuk berolahraga juga akan ikut menurun lantaran lama tak dilatih.

Untuk mulai olahraga kembali, dibutuhkan beberapa trik yang harus dilakukan.

Instruktur Zumba Cantika Felder mengingatkan, mulai secara bertahap dan jangan langsung pada porsi olahraga yang dulu saat masih rutin melakukannya. Sebab, ketahanan tubuh tentu sudah berbeda. 

"Kalau misalnya baru mulai olahraga lagi setelah lama vakum pastinya stamina menurun, tidak sekuat yang rutin melakukan olahraga. Jadi bisa dilakukan secara bertahap," kata Cantika saat webinar bersama Tokopedia beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: PSSC, Komunitas Ketapel Solo yang Mempopulerkan Permainanan Ketapel sebagai Olahraga

Ia mencontohkan, bagi yang tertarik dengan olahraga zumba, sebaiknya memulai dari durasi 30 menit yang sudah mencakup pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Selama berolahraga, pastikan juga selalu mengatur napas dengan benar. 

"Napasnya lebih diatur lagi, ambil napas dari hidung, keluarkan dari mulut. Itu sangat membantu untuk menjaga kadar oksigen lancar. Kalau suka keliyengan (pusing), itu berarti oksigen yang nggak lancar," tuturnya.

Setelah berhasil melakukan zumba 30 menit secara rutin, baru bisa menaikan porsi olahraga secara bertahap. Misalnya menaikan durasi zumba menjadi 45 menit hingga maksimal selama 1 jam. 

Menurut Cantika, durasi zumba 1 jam per hari sudah cukup maksimal untuk menjaga kebugaran tubuh. 

Sebelum berolahraga, juga ada trik yang bisa dilakukan agar kuat melakukan gerakan dan tidak lemas. Cantika menyarankan konsumsi makanan ringan dalam jumlah sedikit, namun diusahakan tetap makanan sehat.

Baca Juga: Aktivitas Fisik Turunkan Risiko Gangguan Kecemasan hingga 60 Persen

"Makanan yang kira-kira mengenyangkan, bukan makanan berat. Misalnya bisa makan 1 buah pisang untuk menambah energi, satu slice roti gandum atau yoghurt, atau juga bisa oatmeal, jadi nggak lemas saat olahraga," ucapnya.

Trik terakhir, ia mengingatkan pentingnya untuk istirahat. Meski rutin berolahraga, tubuh juga perlu waktu untuk melakukan recovery atau pemulihan.

Cantika menyarankan sebaiknya maksimal lakukan olahraga 5 hari dalam seminggu, sehingga dua hari lainnya digunakan sebagai fase pemulihan.

Komentar