alexametrics

Jangan Panik! 5 Penyebab Microwave Mengeluarkan Asap yang Perlu Kamu Ketahui

Rima Sekarani Imamun Nissa
Jangan Panik! 5 Penyebab Microwave Mengeluarkan Asap yang Perlu Kamu Ketahui
Microwave. [Shutterstock]

Ketahui beberapa penyebab microwave mengeluarkan asap ketika digunakan.

Suara.com - Microwave menjadi salah satu peralatan elektronik dapur yang wajib untuk diperhatikan penggunaannya. Namun, sering kali kita panik gara-gara microwave mengeluarkan asap secara sendirinya. Apa penyebab microwave mengeluarkan asap saat digunakan?

Microwave menjadi peralatan dapur yang digunakan untuk memasak makanan dengan cara menghangatkannya. Kita harus memperhatikan cara penggunaannya dan juga memastikan microwave selalu bersih saat sebelum maupun sesudah digunakan.

Jika tidak, microwave akan mengalami beberapa permasalahan yang disebabkan oleh banyak hal, salah satunya mengeluarkan asap. Lantas, apa penyebab microwave mengeluarkan asap? Simak ulasannya berikut ini.

1. Makanan terlalu lama dimasak hingga gosong

Baca Juga: Ini Lho Jenis dan Model Dapur Menarik untuk Rumah 2021

Microwave. (Shutterstock)
Microwave. (Shutterstock)

Mircowave memiliki pengaturan waktu untuk memasak sebuah makanan. Hal itu agar makanan dapat matang secara maksimal dan microwave akan mati secara otomatis sesuai dengan pengaturan waktu yang ditetapkan.

Namun jika kamu memasak makanan hingga gosong, microwave akan mengeluarkan asap. Selain itu, komponen-komponen yang ada pada mircowave juga akan rentan untuk rusak.

Jika microwave mengeluarkan asap, kamu dapat segera mematikan perangkat dan mencabut kabel. Kemudian, keluarkan makanan yang ada pada microwave dan tunggu asap hingga hilang. Setelah itu, bawa microwave untuk direparasi untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

2. Kebersihan microwave tidak dijaga

Pastikan untuk membersihkan microwave terlebih dahulu, baik setelah maupun sebelum menggunakan microwave. Hal itu bertujuan agar makanan dapat lebih bersih dan tidak terkena noda membekas pada microwave.

Baca Juga: Intip Potret Dapur 8 Juara MasterChef Indonesia: Modern dan Estetik Banget

Perlu diketahui, kotoran yang ada pada microwave ini berpotensi menimbulkan banyak asap ketika makanan sedang dimasak. Makanan sisa yang ada di microwave terkena panas dan membuat microwave mengeluarkan asap. Oleh karena itu, bersihkan secara teratur sesuai dengan buku panduan microwave secara benar.

INFOGRAFIS: 5 Makanan Bantu Atasi Kelelahan Usai Pulih dari Covid-19
INFOGRAFIS: 5 Makanan Bantu Atasi Kelelahan Usai Pulih dari Covid-19

3. Memasak makanan yang tidak seharusnya dengan microwave

Penyebab microwave mengeluarkan asap selanjutnya adalah memasak makanan yang tidak seharusnya dengan menggunakan microwave.

Ada beberapa makanan yang tidak bisa dimasak dengan microwace seperti makanan mengandung kacangan-kacangan maupun makanan yang rendah kandungan air. Hal ini akan dapat menyebabkan microwave mengeluarkan asap.

4. Menggunakan wadah plastik dan logam ke dalam microwave

Pastikan tidak menggunakan wadah plastik dan logam sebagai wadah untuk meletakkan makanan ke dalam microwave.

Plastik mudah terbakar dan meleleh jika terkena objek yang panas dan menimbulkan percikan api, sedangkan logam dapat beresiko mengurai zat kimia.

5. Permasalahan pada listrik

Hal terakhir yang perlu diwaspadai adalah permasalahan komponen listrik pada microwave. Masalah ini dapat memicu timbulnya asap yang bisa jadi menyebabkan korsleting. Oleh karena itu, sebelum menggunakan microwave, penting untuk memastikan bahwa microwave telah dalam keadaan siap pakai dan aman untuk digunakan.

Itu dia 5 faktor penyebab microwave dapat mengeluarkan asap yang perlu kamu ketahui. Jika microwave mengeluarkan asap, pastikan untuk mencabut saklar pada microwave dan keluarkan makanan yang ada di dalamnya. Lalu, bawa microwave untuk direparasi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan kedepannya. 

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar