alexametrics

Peduli Lingkungan, Iqbaal Ramadhan Terlibat Kampanye Keren Tanpa Nyampah

Risna Halidi | Lilis Varwati
Peduli Lingkungan, Iqbaal Ramadhan Terlibat Kampanye Keren Tanpa Nyampah
Iqbaal Ramadhan [Evi Ariska/Suara.com]

Menurut Iqbaal, anak muda juga bisa berkontribusi nyata dalam penanganan isu sosial dan masalah lingkungan.

Suara.com - Masalah lingkungan menjadi salah satu isu yang banyak berseliweran di media sosial. Bagi musisi Iqbaal Ramadhan, sebaran informasi tersebut dapat membantu anak-anak muda untuk tahu dan menjadi peduli terhadap masalah lingkungan.

Menurutnya, anak muda juga bisa berkontribusi nyata dalam penanganan isu sosial dan masalah lingkungan. 

Terlibat dalam kampanye #KerenTanpaSampah yang digaungkan The Body Shop Indonesia, Iqbaal berharap apa yang disuarakannya terkait kebiasaan mendaur ulang sampah bisa diikuti oleh generasi seusianya.

"Di era personalised semua bisa punya definisi keren masing-masing. Apa yang buat saya keren, belum tentu buat teman-teman seumur saya juga keren."

Baca Juga: Curhat Wanita Kecewa Seumur Hidup, Nikah Habis Rp 50 Juta Lebih Hasilnya Ambyar

"Tapi saya berharap semoga apa yang saya suarakan bisa diamini oleh lebih banyak orang dari semua kalangan, gen Z, juga background mana pun, kalau gak nyampah itu keren," tutur Iqbaal dalam konferensi pers virtual The Body Shop Indonesia, Selasa (14/9/2021).

Tak cukup hanya sekadar sadar terhadap masalah lingkungan yang terjadi, bagi mantan personel CJR itu, anak muda juga perlu bertanggungjawab dalam memakai produk pilihannya. 

Lewat aksi keren tanpa nyampah itu bisa menjadi wadah bagi anak muda untuk memiliki inisiatif lebih dalam merawat lingkungan sekaligus merawat diri lewat produk Body Shop. 

"Penting banget bukan cuma sadar terhadap apa yang terjadi tapi juga terhadap pilihan yang kita punya," katanya.

Sementara itu Owner Body Shop Suzy Hutomo mengatakan, kampanye #KerenTanpaNyampah bisa dilakukan dengan mengembalikan botol kosong dari produk Body Shop ke kotak penampungan yang telah disediakan di setiap toko resmi Body Shop. 

Baca Juga: Viral Momen Joko Widodo Menangis Ketemu Jokowi, Saling Tatap Bak Saudara Kembar

Setiap botol yang dikembalikan akan didaur ulang menjadi barang lain, seperti tempat cermin maupun souvernir lainnya.

"Selama ini sejak 2008 sudah terkumpul 9 juta kemasan yang kembali dari customer. Dalam satu tahun hingga September tahun depan, kami menargetkan custemer kembalikan 2 juta kemasan," ujarnya.

Setiap pelanggan yang mengembalikan kemasan kosong akan mendapatkan poin khusus dan bisa digunakan kembali untuk berbelanja.

Suzy menyampaikan, selanjutnya, Body Shop akan menggunakan kemasan produk dari hasil daur ulang. Sementara untuk pelanggan yang membeli lewat e-commerce juga tidak akan mendapatkan kemasan dari plastik. Tetapi kemasan akan dibungkus dengan karton.

"Kalau pesan lewat e-commerce bahwa problemnya ada di sampah plastik. Kalau pesan dari Body Shop, satu, karton kita sudah recyle, kita tidak pakai bubble, gak pakai plastik," ujarnya.

Ia menekankan, kampanye keren tanpa nyampah sengaja digaungkan sebagai sarana edukasi sekaligus memberikan solusi kepada masyarakat untuk turut andil dalam penanganan masalah lingkungan dengan bijak kelola sampah.

Komentar