alexametrics

5 Tanda Orang yang Suka Berpikir Positif

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
5 Tanda Orang yang Suka Berpikir Positif
Ilustrasi berpikir positif. (freepik.com/freepik)

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang suka berpikir positif?

Suara.com - Tidak semua orang mampu berpikir positif saat dilanda masalah. Kebanyakan akan merasa panik dan takut.

Tentu saja manusiawi merasa panik dan takut, tapi yang harus Anda tahu, kepanikan tidak memberi solusi pada masalah.

Antara berpikir positif dan berpikir negatif, keduanya harus seimbang. Meski memiliki kombinasi yang sehat dari keduanya tentu sangat sulit, Anda harus ingat agar tidak berlebihan dalam hal apapun.

Terlalu sering berpikir negatif akan membawa dampak pada kesehatan mental Anda. Sedangkan terlalu berpikir positif akan membuat Anda tidak mampu melihat masalah secara objektif.

Baca Juga: Tahukah Anda, Sering Berpikir Positif Baik untuk Imunitas Loh!

Apakah Anda termasuk orang yang suka berpikir positif? Inilah 5 tanda bahwa Anda adalah seseorang yang suka berpikir positif, sepertidilansir dari Daily Buletin.

1. Menerima kritik secara positif
Anda terbuka menerima kritik demi kebaikan. Meski kritik datang dalam bentuk positif dan negatif, Anda menikmati sisi positifnya namun juga tidak menutupi sisi negatifnya.

2. Berusaha menebarkan hal positif
Seseorang yang memiliki pola pikir positif akan menghindari terlibat dalam situasi yang merugikan orang lain. Dia akan baik kepada orang lain, serta merasakan kepedihan mereka.

Ia akan mempertimbangkan fakta bahwa bahkan kontribusi kecil sekalipun dapat membantu mengubah kondisi yang tidak baik menjadi lebih baik.

3. Memilih hal-hal yang positif
Ada banyak berita negatif di luar sana tentang wabah penyakit, kriminalitas, hingga bencana. Membaca berita seperti ini dapat membuat seseorang merasa stres bahkan depresi. Jika dilakukan terus-menerus, seseorang bisa larut dalam pesimisme.

Baca Juga: 5 Manfaat Kamu Kurangi Mengeluh Masalah Kerja, Karirmu Maju!

Namun, seseorang yang positif tidak akan menjadikan berita negatif tersebut sebagai satu-satunya pilihan. Mereka juga akan membaca berita positif, serta mencari hiburan untuk memberi kesenangan.

4. Bertanggung jawab pada kesalahan
Bahkan jika melakukan kerja tim, di mana tugas harus dibagi kepada setiap anggota, seseorang yang berpikir positif tidak akan menyalahkan orang lain ketika terjadi kesalahan dalam tugas kelompok tersebut. Ia menyadari bahwa dirinya juga ikut andil dalam melakukan kesalahan.

5. Yakin bisa melakukan apapun
Dalam kamus orang yang berpola pikir positif, tidak ada kata 'tidak bisa'. Mereka selalu berpikir untuk mengatasi kesulitan dan tantangan yang dihadapi dalam hidup.

"Saya tidak bisa melakukan.." adalah pemikiran yang membatasi. Sedangkan “Saya bisa mencoba dan saya akan melakukannya” adalah kalimat yang merupakan indikator dari pola pikir positif seseorang.

Komentar