alexametrics

7 Bahan Rumahan sebagai Cara Menghilangkan Semut di Rumah Paling Jitu, Dijamin Hemat Biaya

Arendya Nariswari
7 Bahan Rumahan sebagai Cara Menghilangkan Semut di Rumah Paling Jitu, Dijamin Hemat Biaya
Ilustrasi semut mengerubuti makanan (Elemen Envato)

Tak sulit untuk dicari, ini 7 bahan rumahan yang diklaim ampuh untuk menghilangkan semut.

Suara.com - Keberadaan semut di rumah dalam jumlah besar bisa menjadi gangguan. Berikut ini adalah beberapa bahan rumahan yang sangat efektif digunakan sebagai cara menghilangkan semut di rumah. Bahan-bahan ini sederhana, hemat biaya, dan mudah ditemui di rumah. SImak ulasan selengkapnya dilansir dari NDTV Food Jumat (17/9/2021).

Cara Menghilangkan Semut di Rumah

1. Kapur

Bahan rumahan pertama untuk menghilangkan semut adalah dengan kapur. Kapur mengandung kalsium karbonat yang efektif mengusir semut. Semprotkan beberapa bubuk kapur di area yang menjadi titik masuk semut atau dengan membuat garis kapur. Pastikan buat garis kapur jauh dari jangkauan anak-anak.

Baca Juga: Tangki Bensin Dibiarkan Kosong Terlalu Lama, Siap-siap Biaya Perbaikannya

2. Perasan Lemon

Perasan lemon atau kulit lemon diletakkan di tempat semut. Kamu juga bisa mengepel lantai dengan menambahkan sedikit lemon di dalam ember. Semut tidak menyukai bau lemon dan mereka akan menjauh. Hal ini karena rasa asam dan pahit yang tidak disukai semut.

3. Lada

Semut sangat menyukai gula dan membenci lada. Taburkan lada di area tempat semut masuk ke rumahmu untuk mencegahnya masuk. Kamu juga bisa buat larutan air dan merica dan menyemprotkannya di area yang banyak semutnya. Lada akan menghalangi semut kembali ke rumah. Setelah semut hilang, pastikan bersihkan area bekas semprotan merica tadi.

4. Garam

Baca Juga: Jarang Dilakukan, Penelitian Sarankan Rendam Beras Semalam Sebelum Dimasak

Garam yang ditabur di dekat sudut tempat semut masuk ke rumah menjadi cara menghilangkan semut di rumah yang paling mudah. Garam meja adalah cara paling murah menghilangkan semut secara alami dan aman. Gunakan garam meja dan tambahkan rebusan air, aduk hingga larut. Tuang ke dalam botol semprot dan semprotku ke tempat yang diinginkan.

5. Cuka Putih

Semut tidak tahan mencium bau cuka putih. Larutkan cuka pada air dengan jumlah takaran sama. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial dan kocok merata. Simpan larutan ini dan semprotkan di tempat-tempat yang banyak semut.

6. Kayu Manis

Letakkan kayu manis dan cengkeh di pintu masuk rumah dan area yang biasa dimasuki semut. Cara ini baik untuk menjaga rumah tetap segar. Kayu manis dianggap sebagai pilihan cara menghilangkan semut di rumah paling efektif. Kayu manis bertindak sebagai penolak alami karena semut tidak tahan dengan bau menyengat. Untuk hasil efektif, tambahkan sedikit minyak esensial dalam bubuk kayu manis.

7. Peppermint

Peppermint bisa membantu mengusir semut di rumah. Semut tidak menyukai aroma kuat peppermint dan cenderung menghindarinya. Siapkan 10 tetes minyak esensial peppermint dan secangkir air. Semprotkan di tempat yang banyak semutnya. Kamu juga bisa menaburkan peppermint kering sebagai penggantinya.

Itulah 7 bahan rumahan yang mudah ditemui sebagai cara menghilangkan semut di rumah yang paling jitu dan alami. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar