alexametrics

Orangtua Wajib Kenali dan Pahami 3 Jenis Gaya Belajar Anak, Apa Saja?

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Orangtua Wajib Kenali dan Pahami 3 Jenis Gaya Belajar Anak, Apa Saja?
Ilustrasi gaya belajar anak. (pixabay)

Dengan mengenal gaya belajar anak, orangtua juga akan lebih mudah mengontrol penggunaan gadget pada anak.

Suara.com - Teknologi memang bisa menunjang proses pembelajaran dan pengembangan potensi anak, tapi orangtua juga perlu memahami dan mengenali gaya belajar anak.

Gaya belajar anak sangat penting, terlebih pada generasi alpha, yakni anak kelahiran 2010 hingga 2025 yang sudah tumbuh bersama gadget sejak kecil.

Lewat gaya belajar ini, orangtua juga akan lebih mudah mengontrol penggunaan gadget pada anak.

Simak gaya belajar anak di bawah ini, agar orangtua mengetahui metode belajar yang cocok untuk anak, mengutip siaran pers Ruang Guru, Kamis (17/9/2021).

Baca Juga: Praktisi: Isu Kesehatan Mental Belum Dianggap Penting di Sektor Pendidikan

1. Visual
Gaya belajar visual ini berfokus pada apa yang di lihat oleh anak. Anak dengan gaya belajar visual biasanya mudah memahami pembelajaran dengan melihat langsung.

2. Auditori
Untuk yang memiliki gaya belajar auditori, biasanya mereka lebih mengandalkan pendengaran untuk menerima informasi dan pengetahuan.

Mereka dapat mengingat informasi-informasi yang mereka dengar, bukan yang mereka lihat ataupun mereka rasakan.

3. Kinestetik
Orang dengan gaya belajar kinestetik dapat lebih mudah memahami informasi dan menyerap pelajaran dengan melakukan aktivitas yang membutuhkan gerakan.

Setelah memahami gaya belajar anak, orangtua akan lebih mudah mengembangkan potensi anak, karena sudah mengetahui proses belajar yang disukai anak.

Baca Juga: Tak Mau Jadi Klaster Covid-19, Disdik DKI Belum Mau Gelar PTM Setiap Hari

Orang tua juga bisa memberikan materi online yang bisa dengan mudah diakses, diantaranya memberikan materi belajar yang menggabungkan konsep live teaching interaktif.

Lewat konsep belajar ini, membuat terbangunnya interaksi dua arah dari anak dan guru yang mengajar, serta aktivitas mandiri.

Komentar