alexametrics

Ingin Virtual Date? Perhatikan Tips Ini Dulu Agar Kencam Kamu Tetap Aman

Bimo Aria Fundrika
Ingin Virtual Date? Perhatikan Tips Ini Dulu Agar Kencam Kamu Tetap Aman
Ilustrasi Kencan Online (Pexels/cottonbro)

Nah, agar virtual date kamu berjalan lancar dan aman, berikut ini sejumlah tips yang baiknya kamu ikuti.

Suara.com - Selama pandemi Covid-19, virtual date atau kencan digital sekarang sudah menjadi kebiasaan baru. Menurut laporan Future of Dating dari Tinder mereka yang sudah mencoba virtual date, merasa kencan yang dilakukan secara online terasa lebih ringan.

Selain itu juga tidak begitu banyak tekanan untuk membangun koneksi dengan match-nya. Bahkan 40 persen pengguna Gen Z di Tinder setuju bahwa mereka akan menjadikan virtual date sebagai kebiasaan baru yang terus dilakukan, bahkan ketika nanti ruang publik telah dibuka kembali.

Nah, agar virtual date kamu berjalan lancar dan aman, berikut ini sejumlah tips yang baiknya kamu ikuti seperti dikutip dari keterangan pers Tinder baru-baru ini. 

Verified profile, check! 

Baca Juga: Ingin Dapat Lebih Banyak Swipe Kanan? Jangan Ragu Pasang Video di Profil Aplikasi Kencan

Ilustrasi aplikasi Tinder. [Shutterstock]
Ilustrasi aplikasi Tinder. [Shutterstock]

Swipe left atau swipe right? Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah pastikan profil calon match kamu sudah ada tanda centang biru. Centang biru ini menandakan profile yang sudah diverifikasi, sehingga bisa membantu kamu terhindar dari akun dengan identitas palsu.

Tetap di dalam platform.

Fitur bertukar pesan dan Face-to-face dari Tinder merupakan tempat teraman untuk membangun koneksi dengan match baru kamu. Jangan terburu-buru membagikan kontak pribadi kamu seperti sosial media, nomor telepon, dan email pribadi saat baru matched dan kamu belum merasa yakin.

Jaga data pribadi.

Nah, kalau kamu sudah merasa cocok dengan match kamu, tentunya hati kamu menjadi lebih terbuka terhadap hubungan baru ini. Namun, apabila mereka meminta data pribadi kamu seperti alamat rumah pribadi, akun bank, dan juga minta bantuan keuangan, kamu harus berhati-hati sebelum mempercayai orang tersebut. Jangan pernah memberikan informasi apapun yang dapat memberikan akses ke akun keuangan dan data pribadi kamu dan kamu tidak perlu merasa enggak enak hati.

Baca Juga: Wanita Ini Tanya Alasan Dirinya Dighosting, Jawaban si Pria Bikin Tepuk Jidat

Hargai satu sama lain. 

Sebuah aturan penting kalau kamu harus menghormati siapapun saat bersosialisasi, termasuk di platform digital. Ketika ini terjadi, kamu akan menciptakan zona yang nyaman dan sehat untuk mengenal match kamu secara lebih dalam dan pribadi. Jika nantinya, kamu mendapatkan perilaku kurang sopan yang tidak dapat ditoleransi, jangan ragu untuk menyuarakannya.

Di Tinder, kamu akan mendapatkan notifikasi yang berbunyi: "Apakah ini mengganggu kamu?" ketika menerima pesan yang tidak menyenangkan dan jika kamu merasa pesan itu mengganggu, jangan ragu-ragu untuk memilih 'ya' dan pilih pada tombol Lapor (Report) untuk mengaktifkan fungsi melapor.

Terapkan tips ini untuk virtual date yang menyenangkan dan aman untuk membantu kamu bertemu match dengan tujuan yang sama dan membangun koneksi yang lebih bermakna. Stay safe and take care

Komentar