alexametrics

Ingin Masuk Mall? Ketahui Dulu Cara Daftar Aplikasi PeduliLindungi

Rifan Aditya
Ingin Masuk Mall? Ketahui Dulu Cara Daftar Aplikasi PeduliLindungi
Ingin Masuk Mall? Ketahui Dulu Cara Daftar Aplikasi PeduliLindungi - Pengunjung memindai kode batang dari aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki pusat perbelanjaan Plaza Blok M, Jakarta, Rabu (11/8/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Aplikasi PeduliLindungi kini dipakai untuk berbagai kegiatan, termasuk syarat masuk mall. Jika anda ingin masuk mall, ketahui dulu cara daftar aplikasi PeduliLindungi.

Suara.com - Aplikasi PeduliLindungi kini dipakai untuk berbagai kegiatan, termasuk syarat masuk mall. Jika anda ingin masuk mall, ketahui dulu cara daftar aplikasi PeduliLindungi.

Dengan mengetahui cara daftar aplikasi PeduliLindungi, nantinya saat berada di mall anda tidak bingung dan langsung bisa scan barcode atau QRcode.

Fungsi Aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk mall adalah untuk melakukan check in. Tapi bagaimana cara daftar aplikasi PeduliLindungi ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Daftar Aplikasi PeduliLindungi

Baca Juga: Ini Alasannya, Mengapa Masih Gagal Cetak Sertifikat PeduliLindungi

  1. Unduh dan instal aplikasi PeduliLindungi lewat PlayStore atau App Store smartphone Anda.
  2. Buka aplikasi setelah selesai diinstal, dan izinkan akses lokasi yang diminta. Akses lain seperti penyimpanan juga harus diberikan agar aplikasi bisa berjalan optimal.
  3. Buat akun dengan mengisi nama lengkap, nomor ponsel atau email, serta Nomor Induk Kependudukan sesuai dengan KTP Anda.
  4. Bila akun sudah didaftarkan, lakukan login dengan nomor ponsel atau email yang tadi dimasukkan.
  5. Masukkan kode OTP, yang dikirimkan melakuia SMS, ke dalam aplikasi tersebut sebagai bentuk verifikasi.
  6. Setelah berhasil login, Anda akan melihat tampilan aplikasi PeduliLindungi. Anda bisa mendapatkan informasi seperti Pendaftaran Vaksin, Scan QR Code untuk masuk ke mall, Teledokter, Info Penting, Diary Perjalanan, dan Paspor Digital.

Nah, fitur Scan QR Code itu yang akan digunakan untuk check in di mall atau tempat umum lain yang menerapkan pembatasan kapasitas dan protokol kesehatan ketat.

Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi

  1. Anda tinggal Scan QR Code yang terpajang di pintu masuk tempat umum, seperti mall atau kafe dan sejenisnya.
  2. Jika sudah melakukan vaksinasi Covid-19, maka akan muncul nama Anda yang terverifikasi, untuk status vaksinasi dan lokasi vaksinasi dilakukan.
  3. Tunjukkan akses yang diperbolehkan ini pada petugas, sebagai bukti Anda sudah divaksin dan diperbolehkan mengunjungi fasilitas umum dengan protokol kesehatan ketat.

Cukup mudah bukan cara menggunakannya?

Pada aplikasi tersebut juga akan tertera status tes Antigen atau PCR terbaru Anda, yang terhubung langsung dengan hasil tes terbaru. Jadi, akan ada update ketika Anda selesai melakukan tes, mengenai status dan perizinan mengunjungi tempat umum.

Demikian tadi cara daftar aplikasi PeduliLindungi yang bisa kami sampaikan, lengkap dengan sedikit penjelasan terkait cara penggunaan aplikasi ini. Semoga bermanfaat, dan selalu pastikan kondisi kesehatan setiap  saat!

Baca Juga: Kemenkes: 4.000 WNI yang Vaksin di Luar Negeri Sudah Gunakan PeduliLindungi

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar