alexametrics

Tantangan Ratna Wahyuni Memimpin Resort Mewah di Tengah Pandemi

Vania Rossa
Tantangan Ratna Wahyuni Memimpin Resort Mewah di Tengah Pandemi
Ratna Wahyuni, GM di Natra Bintan, a Tribute Portfolio Resort. (Dok, pribadi)

"Bertumbuh dalam situasi saat ini memang merupakan proses yang menantang, tetapi kami tidak akan menyerah saat ditemukan dengan tantangan," kata Ratna.

Suara.com - Industri perhotelan merupakan salah satu yang cukup merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Tingkat okupansi menurun, dan sejumlah operasional harus disesuaikan untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi. Tantangan inilah yang dirasakan Ratna Wahyuni, General Manager Natra Bintan, a Tribute Portfolio Resort.

"Bertumbuh dalam situasi saat ini memang merupakan proses yang menantang, tetapi kami tidak akan menyerah saat ditemukan dengan tantangan," kata Ratna dalam sesi wawancara tertulis dengan Suara.com.

Pandemi, kata Ratna, justru membuat ia bersama seluruh jajaran staf resort menjadi lebih kreatif dalam menyusun strategi untuk menghadapi kondisi tersebut.

"Tamu tetap datang, meskipun tidak sebanyak sebelum pandemi, dan harganya di bawah periode normal," kata Ratna.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Bisa Menambah Jumlah Lansia yang Alami Demensia

Ratna juga merasa sangat terbantu dengan sikap pemerintah yang tetap mendukung industri perhotelan di sebagian besar wilayah Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam memulihkan pariwisata di Indonesia.

Ratna Wahyuni bersama Sandiaga Uno dalam persiapan membuka perbatasan dari Singapura ke Bintan. (Dok. pribadi)
Ratna Wahyuni bersama Sandiaga Uno dalam persiapan membuka perbatasan dari Singapura ke Bintan. (Dok. pribadi)

Berbekal Pengalaman 16 Tahun di Marriot
Berbekal pengalamannya selama lebih dari 16 tahun di jaringan Marriot, Ratna berupaya sekuat tenaga memimpin Natra Bintan, a Tribute Portfolio Resort, bertahan di tengah pandemi.

Memulai karir sebagai Guest Service Agent/Reception di Le Meridien Jakarta yang sebelumnya merupakan bagian dari Starwood Hotels and Resorts, tugas Ratna saat itu adalah melayani tamu sebagai perwakilan hotel selama masa inap mereka. Ratna akan memastikan para tamu mendapatkan pengalaman menginap yang menyenangkan.

Karier Ratna terus menanjak, hingga pada awal 2020, ia menjadi General Manager (GM) Four Points by Sheraton Thamrin sebelum
menjabat sebagai GM di Natra Bintan, a Tribute Portfolio Resort saat ini.

Di seluruh periode kerjanya, Ratna mengaku telah belajar banyak. "Setiap pekerjaan yang ditugaskan kepada saya memiliki tantangannya sendiri. Saya sangat menghargai Tim Area yang sangat mendukung dan telah membantu saya untuk tumbuh dan belajar banyak hal dari pekerjaan yang telah saya lakukan. Namun, pandemi memang telah menimbulkan beberapa tantangan bagi industri perjalanan dan
perhotelan," kata Ratna.

Baca Juga: Maruf Amin Imbau Milenial Ambil Hikmah Pandemi Covid-19

Di masa pandemi ini, ketika orang tak lagi memprioritaskan untuk pergi liburan, dan mungkin banyak hotel/resort lebih sepi daripada biasanya, Ratna menyiasati dengan mempekerjakan orang-orang dengan sikap dan karakter yang baik, terutama para pemimpin departemen.

Komentar