alexametrics

4 Cara Mengatasi Kesepian di Akhir Pekan

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
4 Cara Mengatasi Kesepian di Akhir Pekan
Ilustrasi (pexels.com/Oleg Magni)

Bagi sebagian orang, akhir pekan juga merupakan fase yang menantang terutama bagi mereka yang tidak punya keluarga.

Suara.com - Rasa kesepian saat akhir pekan dapat menimbulkan ancaman nyata bagi seseorang, salah satunya menimbulkan sisi emosi negatif secara mental. Bagi sebagian orang, akhir pekan juga merupakan fase yang menantang terutama bagi mereka yang tidak punya keluarga.

Mengutip dari Healthshots, kesepian saat akhir pekan menjadi penyebab utama masalah emosi secara mental. Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa kesepian saat akhir pekan? Ada empat cara yang bisa kamu terapkan, berikut ulasannya!

1. Bersikap baik pada diri sendiri
Cara mengatasi kesepian yang pertama adalah, bersikap baik pada kesepian. Dengan cara tersebut, kamu bisa merawat diri sendiri secara khusus. Baik itu intropeksi diri maupun menikmati kesendirian.

Selain itu, kamu juga bisa habiskan waktu saat liburan untuk menghilangkan rasa stres. Mulai dari mandi santai, menikmati hobi baru, atau melakukan aktivitas fisik.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Orang Sukses di Akhir Pekan yang Bisa Kamu Tiru

2. Latih rasa syukur

Ilustrasi bersyukur. (pixabay.com)
Ilustrasi bersyukur. (pixabay.com)

Melatih rasa syukur setiap hari dapat menjadi cara bagaimana kamu menghargai diri sendiri. Baik itu kejadian yang sudah ada di masa lalu, maupun kejadian yang sudah lewat kemarin. Meski melatih rasa syukur sangatlah berat, ini bisa menjadi tantangan buat kamu, bagaimana caranya menerima diri sendiri
yang serba kekurangan.

Biar lebih membantu, kamu bisa menuliskan pemikiran kamu lewat jurnal. Cara tersebut akan membantu kamu untuk melatih pemikiran kreatif dan rasa semangat, serta menuliskan apa yang sudah kamu hargai di dalam hidup.

3. Rencanakan sesuatu
Meski kamu sedang kesepian saat akhir pekan, tak ada salahnya untuk merencanakan sesuatu dalam hidup kamu. Salah satunya berkumpul dengan keluarga maupun teman. Dengan begitu, ini akan meningkatkan rasa kebahagiaan kamu, serta menghilangkan diri dari yang namanya kesepian dan mengisolasi diri.

4. Pijat refleksi mandiri

Baca Juga: Kesepian, Ikan Paus Pembunuh Ini Stres karena Terlalu Lama Sendirian

4 Cara Mengatasi Kesepian di Akhir Pekan - 2

Tidak perlu memijat dengan bantuan tangan orang lain. Ketika kamu kesepian, kamu bisa lakukan pijat refleksi secara mandiri. Lakukan pijatan mulai dari sekitar anggota tubuh, baik tangan, kaki, kepala, hingga betis. Selain itu, manfaat pijat refleksi ini bisa membantu kamu meningkatkan kesehatan secara fisik.

Komentar