alexametrics

5 Tanaman Hias Bunga Terpopuler, Tak Cuma Cantik tapi Juga Menyejukkan Ruangan

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Tanaman Hias Bunga Terpopuler, Tak Cuma Cantik tapi Juga Menyejukkan Ruangan
Mawar, salah satu tanaman hias bunga. (Shutterstock)

Berikut beberapa jenis tanaman hias bunga terpopuler yang bisa jadi pilihan untuk mempercantik rumah.

Suara.com - Selain digunakan sebagai penyejuk ruangan, tanaman hias juga kerap digunakan sebagai elemen pemercantik ruangan. Oleh karena itu, tidak sedikit orang lebih memilih jenis tanaman hias bunga dengan warnanya yang cantik dan tentunya beraroma harum.

Di antara beragam jenis tanaman hias bunga yang ada, ada beberapa jenis yang wajib kamu masukkan dalam daftar tanaman hias bunga pilihan.

Dirangkum dari kanal YouTube greenesia dan beberapa sumber lainnya, berikut 5 jenis tanaman hias bunga terpopuler yang mungkin bakal jadi favoritmu:

Adenium

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Bandung untuk Edukasi Tahun 2021: De Ranch Hingga Farmhouse

Infografis tanaman hias. (Suara.com/Rochmat)
Infografis tanaman hias. (Suara.com/Rochmat)

Ciri khas adenium terdapat pada batang bagian bawahnya yang besar menyerupai umbi. Tanaman ini juga memiliki daun dan bunga yang kecil-kecil sehingga membuatnya terlihat sangat unik.

Tiga jenis adenium yang paling populer adalah Adenium Socotranum dengan warna bunga merah bercampur kuning, Adenium Somalense dengan warna bunga putih dan pink, serta Adenium Oleifolium dengan bunga berwarna pink kekuningan.

Bougenville

Salah satu tanaman hias paling banyak dicari adalah bougenvile. Bentuk bunganya yang kecil-kecil menyerupai terompet memiliki daya tarik tersendiri bagi kolektor tanaman hias.

Setiap bunga bugenvil dilengkapi satu helai daun pelindung yang lebar yang nantinya akan tumbuh menjadi sekuntum bunga. Warna bunga bougenvile juga cukup beragam, mulai dari jingga, ungu, putih, merah, dan kuning.

Baca Juga: Bau Tak Sedap Menyerbak di Lamongan, Ternyata Bunga Bangkai

Sutra bombay

Ciri fisik dari tumbuhan satu ini adalah batangnya yang berwarna merah keunguan dengan diameter cukup tebal dan gemuk di usia tanaman yang tua.

Tidak hanya pada bagian batang, bunga ini juga memiliki daun yang tebal atau berdaging dengan kelopak bunga warna-warni yang cantik. Cocok untuk menghiasi halaman rumah

Mawar

Bunga mawar termasuk dalam jenis bunga majemuk karena benang dan putiknya yang berkumpul dalam satu ruangan.

Salah satu tanaman hias bunga yang kerap dijadikan simbol kasih sayang ini juga memiliki aroma sangat harum dengan kelopak berwarna-warni, mulai dari warna merah darah, merah muda, sampai putih.

Wedelia

Tanaman hias satu ini tumbuh secara menjalar dengan daun hijau mengkilat dan bunga berwarna kuning yang sangat cantik.

Tumbuhan asal Amerika Tengah tersebut memiliki batang yang menempel ke tanah, nantinya akan ditumbuhi akar dan membentuk tanaman baru.

Demikian lima pilihan tanaman hias bunga yang dapat dipilih untuk mempercantik ruangan kamu. Jangan lupa untuk selalu merawatnya dengan baik, ya!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar