alexametrics

5 Cara Mengecilkan Betis untuk Mendapat Kaki Kuat dan Ramping

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Cara Mengecilkan Betis untuk Mendapat Kaki Kuat dan Ramping
Ilustrasi kaki, pergelangan kaki, sepatu (Pixabay/Greyerbaby)

Butuh komitmen dan semangat konsisten, berikut beberapa cara mengecilkan betis besar.

Suara.com - Banyak hal yang berperan dalam menurunkan berat badan. Mulai dari makan lebih sehat, latihan kekuatan, hingga peregangan, itu dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Hanya saja, ada sebagian orang yang paling merasa tertantang untuk menemukan cara mengecilkan betis paling efektif.

Menurunkan berat badan di betis mungkin bisa lebih sulit. Membuat betis ramping harus dengan latihan yang tepat untuk pada area kaki ini. Berikut adalah cara mengecilkan betis dilansir dari WebMD, Rabu (13/10/2021).

Cara Mengecilkan Betis Kaki

1. Membangun Massa Otot

Baca Juga: 9 Cara Mengecilkan Lengan dalam Rutinitas Sehari-hari, Termasuk Tidur Cukup dan Teratur

Otot betis memiliki tiga otot terpisah dan semua berkumpul untuk membentuk tendon Achilles. Dalam menghilangkan penumpukan lemak di betis, fokuslah untuk membangun massa otot.

Ilustrasi kaki perempuan di kolam renang. (Shutterstock)
Ilustrasi kaki perempuan di kolam renang. (Shutterstock)

Latihan yang menargetkan otot betis dengan melakukan latihan beban tubuh sendiri atau menambahkan beban untuk membuat latihan lebih menantang.

Salah satu contoh dari membangun otot betis latihan adalah berdiri tegak dengan tangan disilangkan di depan dada. Kemudian, angkat tumit dan berdiri di atas jari-jari kaki Anda.

Anda bisa menahan posisi ini selama beberapa detik, lalu turunkan tumit ke lantai. Ulangi latihan ini sebanyak 10-15 kali. Pegang benda yang kokoh untuk membantu menjaga keseimbangan Anda.

2. Menurunkan Lemak Betis dengan Peregangan (Stretching)

Baca Juga: 8 Cara Mengecilkan Pipi Chubby Paling Ampuh, Tak Perlu Operasi Plastik

Regangkan otot betis, dengan fokus pada bagian belakang kaki. Lakukan perlahan jika Anda baru melakukan peregangan, dan lakukan pemanasan terlebih dahulu.

Untuk meregangkan betis, berdirilah sejauh lengan dari dinding. Letakkan kaki kanan di belakang kaki kiri. Tekuk kaki kiri ke depan dan jaga lutut kanan tetap lurus. Anda juga harus menjaga tumit kanan di lantai. Jaga punggung Anda lurus dan pinggul ke depan.

Tahan selama 30 detik. Untuk memperdalam peregangan ini, Anda bisa sedikit menekuk lutut kanan sambil menekuk kaki kiri. Ganti kaki dan ulangi.

3. Menurunkan Lemak Betis melalui HIIT

High-intensity interval training (HIIT) adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan. Cara ini dapat membantu Anda membakar kalori, meningkatkan metabolisme, menjaga otot, menargetkan lemak yang sulit dihilangkan, dan meningkatkan daya tahan.

Latihan HIIT menargetkan semua bagian tubuh dan kesehatan secara keseluruhan, menjadikannya pilihan yang bagus untuk cara mengecilkan betis. Untuk latihan HIIT yang sukses, cobalah memompa detak jantung Anda hingga 80% hingga 95% dari perkiraan detak jantung maksimum dalam waktu yang singkat.

Menjaga detak jantung dalam rentang 10 detik hingga 3 menit akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari latihan ini. Lakukan pendinginan sesudahnya untuk mengembalikan detak jantung ke kisaran normal lagi.

4. Kurangi Lemak Betis dengan Berjalan Lebih

Banyak cara sederhana untuk menghilangkan lemak betis seperti dengan berjalan kaki sering. Seiring bertambahnya usia, berjalan-jalan adalah cara yang bermanfaat untuk bergerak tanpa memberi terlalu banyak tekanan pada tubuh.

Jalan kaki setiap hari juga mencegah otot betis menjadi besar. Berjalan di permukaan yang rata dapat mencegah otot Anda membesar.

5 Cara Mengecilkan Betis untuk Mendapat Kaki Kuat dan Ramping - 2
Ilustrasi jalan kaki. (shutterstock)

5. Mengatasi Lipedema

Lipedema adalah kondisi medis yang menyebabkan lemak menumpuk di tubuh bagian bawah. Kondisi ini biasanya mempengaruhi glutes, paha, dan betis Anda. Tidak ada penyebab pasti lipedema, namun yang pasti hal ini bersifat genetik atau turunan keluarga. Lipedema dan penumpukan lemak di betis mungkin terkait dengan perubahan hormonal dalam tubuh.

Beberapa gejala lain dari lipedema termasuk rasa sakit dan pembengkakan di daerah penumpukan. Jika kondisi memburuk, Anda mungkin akan lebih sulit untuk berjalan. Lipedema juga dapat memengaruhi kesehatan mental. Oleh karenanya, berolahraga baik untuk meningkatkan mobilitas dan membantu mengurangi pembengkakan.

Demikian ulasan mengenai cara mengecilkan betis kaki yang bisa diterapkan. Lebih baik konsultasikan kepada dokter atau ahli kebugaran untuk rekomendasi yang lebih tepat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar