alexametrics

Selain Merapikan Pakaian, Ini 3 Manfaat Setrika yang Unik dan Tak Terduga

Rima Sekarani Imamun Nissa
Selain Merapikan Pakaian, Ini 3 Manfaat Setrika yang Unik dan Tak Terduga
Ilustrasi menyetrika baju. (Pixabay/congerdesign)

Apa saja manfaat setrika selain merapikan pakaian yang mungkin belum pernah terpikirkan oleh Anda?

Suara.com - Setrika merupakan alat untuk membantu membuat pakaian menjadi lebih rapi dan tidak kusut. Selain merapikan pakaian, manfaat setrika ternyata masih banyak. Nah, simak berikut ini manfaat setrika selain merapikan pakaian.

Mengapa menyetrika pakaian itu penting? Tentu karena setrika akan membuat pakaian menjadi lebih rapi. Pakaian yang rapi dan tidak kusut akan membuat kamu jadi lebih percaya diri dan nyaman dengan diri sendiri.

Nah, tidak nya bermanfaat untuk merapikan pakaian, ternyata setrika juga memiliki bisa digunakan untuk sejumlah hal lainnya. Lantas, apa saja manfaat setrika selain merapikan pakaian? Simak berikut ini manfaat setrika yang dilansir dari brightside.me.

Ilustrasi menyetrika baju. (Pixabay/congerdesign)
Ilustrasi menyetrika baju. (Pixabay/congerdesign)

Membersihkan Noda Lilin

Baca Juga: 4 Tips Memilih Setrika Berkualitas Terbaik dan Hemat Listrik

Selain merapikan pakaian, setrika juga bermanfaat untuk membersihkan noda lilin pada karpet, pakaian, atau barang-barang lainnya yang terbuat dari kain. Caranya, letakan setrika pada area yang kena noda.

Jangan letakan setrika pada pakaian yang terkena noda secara langsung. Beri pembatas antara kain yang ternoda dengan handuk, lalu baru taruh setrika dengan temperatur hangat.

Tekan setrika secara perlahan, lilin pun akan mencair dan menempel ke handuk. Jika lilin menempel pada permukaan yang keras, kamu juga bisa menggunakan cara yang sama seperti ini.

Bersihkan Noda Permen Karet

Setrika juga bermanfaat untuk menghilangkan noda permen karet yang menempel pada pakaian atau kain lainnya. Caranya, cukup letakkan setrika pada kain yang terkena noda permen karet.

Baca Juga: Cara Cepat Membersihkan Setrika dari Noda Membandel, Coba Pakai 4 Bahan Ini

Hindari menempelkan setrika secara langsung pada kain yang terkena noda permen karet. Beri pembatas menggunakan kertas karton antara setrika dan kain yang terkena noda. Lalu, tekan setrika pada bagian yang ternoda dengan suhu sedang.

Ilustrasi permen karet. (Shutterstock)
Ilustrasi permen karet. (Shutterstock)

Noda permen karet pun akan melunak dan menempel pada karton sehingga kamu jadi lebih mudah membersihkan dan menghilangkan sisa permen karet yang menempel pada pakaian.

Laminating

Manfaat setrika lainnya adalah bisa digunakan sebagai alat laminating untuk kertas atau dokumen penting. Caranya, letakkan kertas selembar yang bagian atas dan bawanya diberi plastik. Letakkan selembar kain, kemudian setrika area tersebut dengan suhu sedang.

Selain tiga manfaat di atas, setrika juga diketahui bermanfaat untuk menghilangkan noda panas pada bahan yang terbuat dari kayu. Caranya sama seperti pada poin 1.

Nah, itulah informasi mengenai 3 manfaat setrika selain merapikan pakaian. Selamat mencoba, ya.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar