alexametrics

Studi AS Sebut Tak Perlu Target 10 Ribu Langkah Per Hari untuk Sehat, Ini Penjelasannya!

Risna Halidi | Lilis Varwati
Studi AS Sebut Tak Perlu Target 10 Ribu Langkah Per Hari untuk Sehat, Ini Penjelasannya!
Ilustrasi jalan kaki untuk penuhi target 10.000 langkah per hari.

Kata penelitin, tak perlu target 10 ribu langkah per hari untuk sehat dan panjang umur. Pernyataan tersebut juga dibuktikan dalam dua penelitian lho!

Suara.com - Kebanyakan orang mungkin memiliki target untuk bisa mencapai 10 ribu langkah per hari agar memiliki tubuh sehat. Namun hal tersebut sebenarnya tidak selalu dibutuhkan. 

Penelitian baru dari para ilmuwan di Amerika Serikat menyimpulkan kalau orang dewasa hanya membutuhkan setidaknya 7.000 langkah setiap hari atau berolahraga selama lebih dari 2,5 jam setiap minggu untuk bisa panjang umur.

Pernyataan tersebut dibuktikan dalam dua penelitian.

Penelitian pertama, yang diterbitkan di JAMA Network Open bulan lalu, diikuti lebih dari 2.000 peserta laki-laki dan perempuan paruh baya selama lebih dari 10 tahun. Ketika peserta pertama kali bergabung dalam penelitian itu, mereka mengenakan monitor yang melacak langkahnya secara berurutan selama satu minggu. 

Baca Juga: Tubuh Bugar dan Kulitnya Cantik Alami, Sherina Munaf Bongkar Rahasia Pola Hidup Sehatnya

Ilustrasi Berjalan Kaki (Pexels/Yogendra)
Ilustrasi Berjalan Kaki (Pexels/Yogendra)

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang berjalan lebih dari 7.000 langkah setiap hari risiko kematiannya berkurang sebanyak 50-70 persen dibandingkan dengan peserta yang melangkah lebih sedikit.

"7.000 langkah setiap hari atau sekitar 30 hingga 45 menit olahraga hampir setiap hari, tampaknya menjadi tolok ukur untuk mencapai banyak manfaat kesehatan termasuk penurunan angka kematian," kata Linda Pescatello, dewan pengawas profesor terkemuka kinesiologi di University of Connecticut dan anggota American College of Sport Medicine, dikutip Fox News.

Studi kedua, diterbitkan di Mayo Clinic Proceedings pada Agustus lalu. Peneliti menganalisis data dari Studi Jantung Kota Kopenhagen, yang dimulai pada tahun 1976 untuk mengamati kesehatan kardiovaskular ribuan pasien Denmark.

Para peneliti melacak berapa jam setiap minggu ribuan orang Denmark itu setiap kali berolahraga. 

Meskipun lebih dari setengahnya meninggal sejak penelitian dimulai 25 tahun yang lalu, para peneliti menemukan peserta yang melaporkan aktivitas olahraga selama 2,6-4,5 jam setiap minggu menurunkan risiko kematian muda sebesar 40 persen.

Baca Juga: Ingat, Ini 5 Makanan Sehat bagi Penderita Asam Lambung

Peneliti menerjemahkan 2,6 jam setiap minggu setara dengan jalan kaki 7.000  hingga 8.000 langkah setiap hari. Sementara 4,5 jam setiap minggu berjumlah sekitar 10.000 langkah.

Komentar