alexametrics

5 Manfaat Minyak Zaitun Sebagai Esensial Alami untuk Rambut Sehat

Arendya Nariswari
5 Manfaat Minyak Zaitun Sebagai Esensial Alami untuk Rambut Sehat
Ilustrasi minyak zaitun (Pixabay/stevepb)

Punya segudang khasiat, simak 5 manfaat minyak zaitun untuk rambut berikut ini.

Suara.com - Apakah kalian hobi merawat tubuh atau wajah dengan minyak zaitun? Nah, ternyata minyak zaitun ini memiliki komposisi kimia nan unik yang kaya akan antioksidan dan asam lemak. Lalu apa saja ya, manfaat minyak zaitun untuk rambut selain membuat kulit kita lebih sehat terawat?

Berwarna kuning muda atau hijau, minyak ini dikenal dapat memperkuat folikel rambut, memiliki efek menenangkan pada kulit kepala dan bahkan merangsang pertumbuhan rambut.

Dilansir dari laman Healthshots, Selasa (19/10/2021), mari kita lihat bagaimana manfaat minyak zaitun bagi  kesehatan rambut Anda:

1. Memelihara dan mengkondisikan rambut Anda

Baca Juga: Tak Disangka, 10 Hal Receh Ini Ternyata Kuncinya Rambut Sehat Berkilau

Minyak zaitun bertindak sebagai pelembab yang hebat dan mencegah kekeringan. Minyak esensial alami ini mengandung semua nutrisi yang diperlukan yang diperlukan untuk memberi rambut Anda nutrisi dan kondisioner yang tepat.

2. Menyejukkan kulit kepala

Minyak zaitun memiliki efek yang sangat menenangkan pada kulit kepala Anda, berkat sifat antibakteri dan antijamurnya. Efek pelembabnya membantu mengurangi rasa gatal, mengatasi kekeringan, melawan ketombe dan mengatasi folikel yang tersumbat. 

Folikel dan ketombe yang tersumbat ini adalah salah satu utama penyebab kerontokan rambut. Oleh karena itu, dua kondisi tersebut harus ditangani jika seseorang ingin menghindari kerontokan rambut.

3. Mengurangi produksi DHT 

Baca Juga: 4 Potret Penampilan Baru Sari Nila Berambut Poni, 'Mama Rosa' Tampil Awet Muda

Dihidrotestosteron, suatu hormon, adalah salah satu alasan utama dibalik kerontokan rambut. Hormon ini menyerang folikel rambut dan melemahkan rambut. Minyak zaitun menghambat produksi hormon ini yang membantu mengurangi rambut rontok, serta meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

4. Mencegah kerusakan

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang mendorong pertumbuhan rambut. Antioksidan mencegah kerontokan rambut dan menyelamatkannya dari kerusakan. Terutama kerusakan rambut yang disebabkan oleh radikal bebas dan faktor lingkungan.

5. Mengurangi kerusakan rambut

Manfaat minyak zaitun berikutnya adalah membuat rambut Anda tebal dan bervolume dengan menjaga dari kerusakannya. Efek penguatan dan pengkondisiannya pada rambut serta kulit kepala membantu memperbaiki tekstur dan coraknya. Minyak zaitun ini kaya akan asam lemak omega 6 yang mencegah kerusakan dan kekeringan.

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun yang sangat bagus untuk perkembangan dan kesehatan rambut. Jadi, Anda punya cukup alasan untuk memasukkan minyak alami ajaib ini ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda!

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar