alexametrics

Wanda Hamidah Mengaku Ditipu Asuransi, Bagaimana Cara Memilih Asuransi yang Sesuai?

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Wanda Hamidah Mengaku Ditipu Asuransi, Bagaimana Cara Memilih Asuransi yang Sesuai?
Ilustrasi asuransi (Elements Envato)

Sebelum memilih asuransi harus paham konsep transfer risiko atau transfer risk. Apa itu?

Suara.com - Beberapa waktu lalu, heboh artis Wanda Hamidah yang merasa ditipu oleh salah satu perusahaan asuransi kesehatan saat menjalani pengobatan untuk buah hatinya.

"Gue merasa di-scam! Ditipu abis-abisan, sedih dan sakit hati bercampur menjadi satu sama asuransi," tutur Wanda Hamidah di Instagram pribadinya beberapa waktu lalu.

Itulah mengapa menurut banker sekaligus financial planner tersertifikasi, Windi Teguh, masyarakat perlu paham cara memilih asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Menurut Windi, seseorang disarankan mulai memiliki asuransi saat membutuhkan dan ketika keuangan keluarga sudah bisa menutupi keperluan sehari-hari atau kebutuhan dasar.

Baca Juga: Prudential Akhirnya Mau Cover Biaya Pengobatan Anak Wanda Hamidah

"Ketika sudah bisa menutupi kebutuhan dasar, seperti sandang, pangan dan papan, maka sangat disarankan Anda mempertimbangkan untuk memiliki asuransi. Baik asuransi kesehatan, jiwa, maupun umum, semuanya harus disesuaikan juga dengan kebutuhan," ujar Windi dalam siaran pers Allianz Indonesia, Rabu (20/10/2021).

Ia mencontohkan, asuransi jiwa sangat diperlukan bagi mereka yang sudah memiliki tanggungan, seperti anak, istri, maupun orangtua.

Selain itu, Windi juga mengingatkan sebelum memilih asuransi harus paham konsep transfer risiko atau transfer risk, yaitu dari nasabah atau tertanggung kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung risiko.

Berbagai risiko ekonomi ini bisa berupa sakit atau kebutuhan perawatan, pencari nafkah meninggal dunia, kebakaran bangunan, hingga kerusakan mobil karena banjir dan sebagainya.

Dengan mengimplementasikan konsep transfer risk, perusahaan asuransi dapat memberikan sejumlah uang pertanggungan, apabila terjadi sesuatu kepada nasabah atau tertanggung sesuai dengan ketentuan pada polis yang dimiliki.

Baca Juga: Terkesan Sepele, Ternyata Ini Pentingnya Memiliki Asuransi Smartphone

Manfaat dari asuransi, pada dasarnya adalah menjawab kebutuhan di setiap langkah kehidupan, misalnya mulai pertama kali bekerja, menikah, memiliki anak, atau pun saat ingin memulai usaha.

Komentar