alexametrics

5 Penyebab Kucing Stres yang Jarang Disadari Oleh Pemilik

Arendya Nariswari
5 Penyebab Kucing Stres yang Jarang Disadari Oleh Pemilik
Ilustrasi kucing persia. (Pixabay/deliabertola)

Pemilik anabul wajib waspada, ini 5 penyebab kucing stres, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Suara.com - Apakah Anda memiliki kucing di rumah? Hewan menggemaskan ini memang menyenangkan untuk dipelihara, karena tingkahnya yang lucu. Namun tentu Anda perlu paham benar hal-hal yang bisa jadi penyebab kucing stres, agar kucing Anda juga sehat secara mental.

Beberapa hal ini sebenarnya mungkin terasa sederhana, namun jika tak diwaspadai, maka kucing Anda bisa merasakan stres dan membuatnya kurang sehat. Berikut selengkapnya tentang penyebab kucing stres.

1. Ada Perubahan Besar di Rumah

Baik secara kehadiran manusia, kehadiran makhluk lain, atau posisi landskap rumah yang diubah secara masif, bisa membuat kucing merasa stres. Seperti manusia, kucing juga perlu melakukan adaptasi dan ini tak bisa berjalan cepat. Maka ketika akan melakukan perubahan, dianjurkan untuk melakukannya dengan perlahan.

Baca Juga: Mengenal Gangguan Psikosomatik, Sakit Fisik yang Dipicu oleh Stres

2. Adanya Suara Keras dan Berisik secara Terus Menerus

Penyebab kucing stres yang kedua adalah adanya suara keras dan berisik secara terus menerus. Apalagi jika kemunculan suara ini cenderung mengagetkan kucing kesayangan Anda, maka ia akan menjadi gampang stres.

3. Perlakuan Buruk

Well, sepertinya tak hanya kucing saja, namun semua makhluk ketika mendapatkan perlakuan buruk akan mengalami stres. Pada kucing, perlakuan buruk seperti kekerasan fisik, suara bentakan, atau perlakuan kasar lain yang mengganggu ketenangannya, bisa membuatnya stres.

4. Distraksi dari Luar Rumah

Baca Juga: Pelembab Tubuh dari Butter Diklaim Bisa Bikin Kulit Lembab Hingga 4 Hari, Benarkah?

Keempat, adalah adanya ditraksi dari luar rumah. Secara umum, distraksi ini bisa berbentuk banyak hal. Seperti mungkin adanya kucing-kucing liar yang sering berada di area rumah, kemudian datangnya tamu dalam jumlah banyak dan berganti-ganti, kemudian adanya rakun, musang, dan lain-lain yang bersifat predator kucing. Hal ini terasa seperti ancaman untuk kucing Anda.

5. Kunjungan Ke Dokter Hewan

Mungkin Anda menyadari bahwa ketika tiba saat kontrol ke dokter hewan, kucing selalu terlihat stres dan kurang senang. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan kandang atau keranjang yang cukup tertutup agar kucing tak menyadari hal ini. Setidaknya ketika mood-nya berantakan, ia sudah selesai menjalani perawatan di dokter hewan.

Itu tadi beberapa penyebab kucing stres yang paling sering terjadi, dan jarang disadari. Jadi mulai sekarang, siasati hal di atas dengan cara yang solutif, agar kucing kesayangan Anda tetap senang dan gembira ya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar