alexametrics

Tertarik Bikin Podcast? Ini Langkah Pertama yang Bisa Kamu Lakukan

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Tertarik Bikin Podcast? Ini Langkah Pertama yang Bisa Kamu Lakukan
Ilustrasi podcast. (Dok: Elements Envanto)

Saat ini tren podcast makin merajalela, tak hanya berupa audio saja, podcast juga merambah ke dunia visual.

Suara.com - Saat ini tren podcast makin merajalela, tak hanya berupa audio saja, podcast juga merambah ke dunia visual. Di mana tidak hanya mendengar saja, tapi juga bisa melihat secara visual, baik dari penyiar maupun pembicara yang diundang.

Pertanyaannya, apakah kamu tertarik berkarya di bidang podcast? Tentu, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan jika ingin terjun ke dunia podcast.

Berikut paparan dari Stefany Chandra, salah satu pemilik podcast Suara Puan dalam acara Siberkreasi Masterclass Menulis untuk Telinga, Sabtu (23/10/2021) kemarin.

"Pertama kenali dulu apa tujuan berpodcast. Mindset-nya seperti saya sudah tepat belum sih terjun ke dunia podcast? Dan itu tidak ada yang salah. Bahkan podcast bisa punya peluang buat monetasi," ungkapnya.

Baca Juga: Cara Download Youtube MP3 2021 Pakai GO-MP3, YTMP3 dan YouTube Music Premium

Tak hanya itu, podcast menurut Stefany bisa jadi alih wahana seseorang untuk berkarya, misalnya dulu pernah ingin menjadi penyiar radio namun tak kesampaian.

“Ada juga yang dulunya punya hobi jadi penyiar. Nah, karena adanya podcast, ini bisa dialih wahanakan. Dan itu menjadi alasan. Intinya, apapun tujuan kamu bikin podcast, itu sah-sah saja dan tidak ada yang salah,” lanjut Stefany.

Di sisi lain, Stefany melanjutkan jika ingin terjun ke dunia podcast, ada baiknya berangkat dari keresahan diri sendiri. Hal ini menjadi cara seseorang untuk menceritakan tentang keresahannya, di mana ini sebagai langkah awal untuk terjun ke dunia podcast.

"Mulai coba dari keresahan sendiri dulu, salah satunya yang dekat sama kita, dan topik yang dekat sama kita. Kalau misalnya keresahan kalian takut mati, itu bisa lakukan interview dan undang pembicara. Seperti bagaimana mereka menghadapi rasa kehilangan," ungkap Stefany.

"Jadi buat sesuatu yang dekat sama kita dulu, bukan sesuatu yang abstrak. Misalnya, kalau saya suka buku, saya bikin ulasan buku, undang penulis, dan membaca cerpen dari penulis ternama," ungkap Stefany lebih lanjut.

Baca Juga: Ditanya Apa Rizky Billar Boleh Poligami, Lesti Kejora: Dedek, Perempuan Biasa

Selain itu, Stefany mengatakan bila ingin terjun ke dunia podcast, baiknya lakukan riset dengan mendengarkan podcast yang ada sebelumnya. Hal ini dapat menjadi cara untuk meningkatkan wawasan seseorang sebagai calon podcaster.

Komentar