alexametrics

7 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Bantu Redakan Stres dan Meringankan Diabetes

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Bantu Redakan Stres dan Meringankan Diabetes
Daun Salam (pixabay/kropekk_pl)

Berikut beberapa manfaat daun salam yang baik untuk kesehatan tubuh.

Suara.com - Selama ini, daun salam dikenal sebagai salah satu bumbu dapur saja. Padahal, tanaman dengan nama latin Syzygium polyanthum ini memiliki segudang manfaat kesehatan. Apa kamu sudah tahu manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh?

Kandungan senyawa salisilat, fitonutrien, anti jamur, serta beragam zat lainnya membuat daun salam layak dijadikan sebagai salah satu obat tradisional.

Nah, untuk mengetahui manfaat daun salam untuk kesehatan secara lebih jelas, yuk simak penjelasan berikut ini.

Memperbaiki kerja saluran pencernaan

Baca Juga: CEK FAKTA: Daftar Minuman Instan Ini Bisa Sebabkan Kanker Otak dan Diabetes, Benarkah?

Mengusir Kecoa dengan daun salam. (Shutterstock)
Daun salam. (Shutterstock)

Melalui jurnal yang diterbitkan di Medicinal Plants of South Asia Journal, daun salam tidak hanya bermanfaat untuk menambah cita rasa pada makanan, namun juga membantu meringankan sakit perut, kembung, sembelit, sampai infeksi saluran pencernaan.

Penggunaan daun salam untuk perbaikan saluran pencernaan, bahkan sudah dilakukan sejak masa lampau.

Meringankan diabetes

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journey of Nutritional Biochemistry membuktikan bahwa tiga dari empat kelompok penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi daun salam, kadar glukosa dalam darah akan lebih rendah.

Di samping itu, daun salam juga mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik pada pasien diabetes tipe 2.

Baca Juga: 7 Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Batuk hingga Melancarkan Haid

Memelihara kesehatan jantung

Kandungan senyawa salisilat, asam caffeic, serta fitonutrien pada daun salam dipercaya dapat memelihara kesehatan jantung, sekaligus mencegah stroke.

Selain itu, daun salam juga dapat mengendalikan tekanan darah, yakni dengan meminum rebusan 10 lembar daun salam setiap harinya.

Anti peradangan

Sebuah penelitian Phytotherapy telah membuktikan bahwa daun salam mampu mengurangi peradangan di seluruh bagian tubuh.

Kandungan fitonutrien inilah yang mampu bekerja secara cepat mengurangi peradangan dengan cara mengoleskan pada area meradang, seperti sendi atau area yang terkena arthritis.

Melawan infeksi jamur

Melansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), infeksi jamur bisa diakibatkan oleh terhirupnya udara kotor atau kontak langsung, di mana jamur paling sering menyerang bagian tubuh terutama kulit.

Daun salam berguna untuk melawan infeksi jamur karena sifat anti-jamur yang dimilikinya, terutama infeksi jamur Candida.

Bantu meredakan stres

Kandungan senyawa linalool pada daun salam dipercaya mampu menurunkan kadar hormon penyebab stres.

Tidak heran, jika daun salam kerap dijadikan campuran sebagai aromaterapi karena mampu menjaga kualitas tidur dan membantu tetap rileks saat kecemasan mulai datang.

Meringankan masalah pernapasan

Dilansir dari Organic Fact, daun salam memiliki sifat antibakteri yang kuat dan ampuh meringankan masalah pernapasan.

Minyak atsiri yang diekstraksi pada daun salam yang diolah menjadi salep dan dioleskan ke dada, diketahui mampu meringankan pernapasan.

Uap pada rebusan minyak atsiri juga memberikan efek aromaterapi yang bisa mengencerkan dahak dan menghilangkan bakteri berbahaya.

Itulah tadi beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar