alexametrics

Jenis-Jenis Pasar dalam Ilmu Ekonomi, Apa Saja?

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Jenis-Jenis Pasar dalam Ilmu Ekonomi, Apa Saja?
Ilustrasi Pasar. (Pixabay)

Dalam ilmu ekonomi, pasar dibagi lagi berdasarkan beberapa hal.

Suara.com - Pasar dikenal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Saat ini, kita mengenal adanya pasar modern dan pasar tradisional. Tapi, dalam ilmu ekonomi, pasar dibagi lagi berdasarkan jenis barang, waktu pelaksanaan, luas dan ruang lingkup, jenis barang yang diperjualbelikan, serta jenis transaksinya.

Berikut ini adalah jenis-jenis pasar dalam ilmu ekonomi yang perlu kamu ketahui, mengutip Ruang Guru, Senin (25/10/2021).

1. Jenis pasar berdasarkan jenis barangnya
Berdasarkan jenis barangnya, pasar dibedakan menjadi dua jenis yaitu pasar homogen dan pasar heterogen.

  • Pasar Homogen, yaitu pasar yang menjual satu jenis barang saja. Contohnya yaitu pasar burung.
  • Pasar Heterogen, merupakan pasar yang menjual berbagai jenis barang. Contohnya adalah pasar swalayan.

2. Jenis pasar berdasarkan waktu pelaksanaannya
Umumnya jenis pasar ini dibagi dalam empat jenis, yaitu pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan, dan pasar tahunan.

Baca Juga: Ada Wabah Infeksi Bakteri di Pasar Basah Hong Kong, Masyarakat Ketakutan

- Pasar harian
Seperti namanya, pasar harian berlangsung setiap hari. Berhubung pasar ini tersedia setiap hari, barang-barang yang dijual adalah kebutuhan pokok manusia yang biasa dikonsumsi setiap hari juga.

Seperti misalnya, sembako, alat mandi, dan lain sebagainya. Kamu tidak akan menemukan barang-barang aneh seperti shockbreaker motor balap di sini. Contoh pasar harian yaitu pasar tradisional.

- Pasar mingguan
Pasar ini adalah jenis pasar yang buka setiap satu minggu sekali. Jenis pasar seperti ini dapat kita temui di beberapa kota, seperti di Jakarta. Pasar-pasar ini kemudian bahkan diserap dan dijadikan nama daerah setempat, seperti Pasar Jumat dan Pasar Minggu.

Lain halnya di daerah Yogyakarta. Di sana, terdapat pasar mingguan bernama Pasar Wage, Pasar Kliwon, Pasar Legi, Pasar Pon, dan Pasar Pahing.

- Pasar bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang berlangsung setiap bulan. Biasanya, barang-barang yang diperjualbelikan di pasar bulanan adalah barang-barang khusus dan tersedia dalam jumlah banyak.

Baca Juga: "Gelar Pangan Murah" di Kalbar Sambut Hari Pangan Sedunia 2021

Pasar ini biasanya terjadi karena momen-momen tertentu yang muncul setiap bulan. Contohnya, pasar-pasar yang 'muncul' di depan kantor pos, ketika tiba masa pembayaran pensiun. Selain itu, ada juga pasar di depan pabrik yang ada saat masa karyawan gajian.

Komentar