alexametrics

8 Manfaat Susu Almond, Cegah Tekanan Darah Tinggi hingga Tingkatkan Produksi ASI

Rima Sekarani Imamun Nissa
8 Manfaat Susu Almond, Cegah Tekanan Darah Tinggi hingga Tingkatkan Produksi ASI
Ilustrasi susu almond atau susu alternatif. (Shutterstock)

Berikut beberapa manfaat susu almond yang perlu Anda ketahui

Suara.com - Susu almond mungkin masih kalah populer dengan susu sapi atau susu kedelai. Padahal, manfaat susu almond juga tidak kalah dari jenis susu lainnya.

Tidak hanya mengandung beragam nutrisi seperti protein, kalsium, dan vitamin E, susu almond juga tinggi magnesium dan fosfor yang sangat dibutuhkan ibu hamil dan menyusui.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat susu almond, yuk simak uraian selengkapnya berikut ini.

Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan

Baca Juga: Manfaat Sup Rumput Laut dan Alasan Mengapa Sering Dikonsumsi Ibu Hamil

Ilustrasi susu almond (Envato elements by sea_wave)
Ilustrasi susu almond (Envato elements by sea_wave)

Mencegah tekanan darah tinggi

Susu almond memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang cukup rendah jika dibandingkan dengan jenis susu lainnya.

Oleh karena itu, mengonsumsi susu almond bisa menjadi salah satu pilihan jika kamu ingin menghindari tekanan darah tinggi akibat kolesterol.

Menjaga berat badan

Risiko kenaikan berat badan akan lebih rendah saat minum susu almond jika dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini tentu beralasan, yakni karena susu almond memiliki kalori yang lebih sedikit.

Baca Juga: 7 Jus Penurun Darah Tinggi, Mudah Dicari dan Bisa Bikin Sendiri

Namun, perlu diingat bahwa kamu perlu memperhatikan kandungan nutrisi pada berbagai produk susu almond untuk mengetahui lebih lengkap jumlah kalori di dalamnya.

Beberapa produsen susu almond umumnya tetap menjaga kandungan lemak susu almond hanya sekitar 1 persen atau setara dengan susu rendah lemak.

Memperkuat tulang

Satu gelas susu almond dipercaya mampu memenuhi 25 persen kebutuhan vitamin D sekaligus 50 persen kebutuhan kalsium harian.

Seperti yang kita tahu, kalsium dan vitamin D merupakan dua zat yang sangat penting untung menguatkan tulang. Dengan begitu, secara tidak langsung susu almond dapat mengurangi risiko osteoporosis.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan vitamin E, asam lemak baik, terutama asam oleat pada susu almond dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Vitamin E memiliki peran penting dalam menangkal radikal bebas dalam pembuluh darah untuk menekan risiko penyakit jantung.

Meningkatkan produksi ASI

Bagi seorang ibu menyusui, kuantitas serta kualitas ASI sangatlah penting untuk asupan gizi bayi.

Kandungan omega-3 pada susu almond diketahui mampu merangsang meningkatkan kualitas sekaligus kuantitas ASI yang diproduksi ibu hamil sehingga dapat digunakan untuk memenuhi asupan gizi bayi.

Menjaga kesehatan kulit

Selain baik untuk penangkal radikal bebas, vitamin E pada susu almond juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit lewat peremajaan. Dengan begitu, kulit akan tampak lebih muda, segar, dan bercahaya.

Melancarkan pencernaan

Selain memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, kandungan serat pada susu almond juga tidak kalah melimpah.

Dengan asupan serat yang memadai, pencernaan kita akan berfungsi lebih lancar dan mengurangi risiko gangguan pencernaan.

Menurunkan risiko penyakit kognitif

Manfaat susu almond lainnya adalah menurunkan risiko penyakit kognitif. Mengapa bisa demikian?

Vitamin E sangat dibutuhkan sebagai antioksidan bagi otak. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa seseorang yang mendapat cukup asupan vitamin E memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kognitif seperti Alzheimer.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar