alexametrics

5 Arti Kucing Tidur di Kasur, Bukan Pertanda Manja tapi Malah Sebaliknya

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Arti Kucing Tidur di Kasur, Bukan Pertanda Manja tapi Malah Sebaliknya
Ilustrasi kucing. (shutterstock)

Mengapa kucing suka tidur di kasur? Simak penjelasan tentang arti kucing tidur di kasur berikut ini!

Suara.com - Kucing peliharaan memang selalu senang berada di dekat pemiliknya. Bahkan tidak jarang, beberapa kucing tidur di kasur bersama pemiliknya. Nah, tahukah kamu arti kucing tidur di kasur sebenarnya?

Meski begitu, kucing biasanya memilih untuk tidur di bagian sisi kaki kasur. Kira-kira kenapa, ya, kucing memilih tempat di sana? Padahal, sisi tengah kasur pasti lebih nyaman ditiduri.

Dilansir dari laman vetexplainspets, berikut 5 alasan mengapa kucing suka tidur di sisi kaki kasur.

Insting bertahan hidup

Baca Juga: Hadits Tentang Kucing Perhiasan Rumah Tangga, Awas Masuk Neraka Jika Menyiksa

Kucing memang selalu merasa nyaman dengan orang yang memberinya kasih sayang yang cukup dan tentunya makanan.

Ilustrasi Kucing Menggemaskan. (pexels.com/2558605)
Ilustrasi Kucing Menggemaskan. (pexels.com/2558605)

Jadi, tidak heran kalau mereka juga suka tidur di kasur dengan pemiliknya. Meski begitu, kucing biasanya memilih tidur di bagian kaki tempat tidur.

Pilihan ini tentu beralasan. Kucing rupanya tidak ingin terjebak jika tidur di tengah tempat tidur, apalagi jika ada selimut yang mungkin saja menutupi penglihatannya sehingga membuat diakesulitan melarikan diri dalam keadaan darurat.

Melindungi pemiliknya

Seperti poin sebelumnya, kucing selalu menyayangi dan berusaha melindungi pemiliknya yang telah memberinya makanan yang cukup. Oleh karena itu, kucing selalu ingin berada di dekat Anda, tak terkecuali saat tidur.

Baca Juga: 8 Manfaat Kumis Kucing sebagai Ramuan Herbal Terpercaya

Kucing juga melakukan ini untuk memudahkan membangunkan pemiliknya jika mereka merasakan ancaman bahaya.

Tetap dapat mengawasi sekitar

Kucing yang tidur di bagian kaki kasur akan tetap merasa aman dan nyaman karena mereka bisa melihat ke arah pintu kamar.

Apalagi, jika posisi kaki kasur merupakan tempat terdekat dari kasur ke pintu kamar. Dengan begitu, kucing akan merasa bahwa mereka tetap bisa menjaga keadaan sekitar.

Tempat paling sedikit gangguan

Ketika tidur, secara tidak sadar tubuh kita sering kali berbalik ke kiri dan ke kanan. Jika kucing tidur di bagian tengah tempat tidur juga, mereka akan sangat terganggu dengan hal ini.

Oleh karena itu, mereka memilih bagian kaki karena di sinilah pergerakan itu paling tidak terasa dampaknya. Selain itu, mereka juga bisa terhindar dari tetesan air liur dan suara dengkur.

Menjaga kenyamanan pemiliknya

Tidak sedikit dari kucing yang tetap terjaga sepanjang malam ketika pemiliknya sudah pulas tertidur meskipun mereka berada di kasur yang sama.

Dengan memilih tidur di bagian kaki, apabila kucing tetap aktif di malam hari, mereka tidak akan terlalu mengganggu pemiliknya atau bahkan sampai membuat terbangun.

Itu beberapa alasan dan arti kucing tidur di kasur, terutama pada bagian kaki kasur. Apakah kucing kesayanganmu juga punya kebiasaan ini?

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar