alexametrics

Apa Itu Wedang Uwuh? Lengkap dengan Rincian Bahan, Cara Membuat, dan Manfaatnya

Rima Sekarani Imamun Nissa
Apa Itu Wedang Uwuh? Lengkap dengan Rincian Bahan, Cara Membuat, dan Manfaatnya
Wedang Uwuh. (shutterstock)

Dibuat dari berbagai rempah, ini beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang wedang uwuh.

Suara.com - Ada beragam minuman tradisional yang mempunyai manfaat bagus untuk tubuh, salah satunya yaitu wedang uwuh. Lantas, apa itu wedang uwuh? Bagi yang penasaran, simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Apa Itu Wedang Uwuh?

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang mempunyai segudang manfaat, terutama untuk pengobatan. Di masa pandemi seperti sekarang, minuman tradisional satu ini dicari dan dikonsumsi banyak orang.

Diketahui, nama wedang uwuh diambil dari Bahasa Jawa. Kata 'wedang' artinya minuman, sedangkan 'uwuh' artinya sampah. Kesimpulan singkatnya, wedang uwuh berarti minuman sampah.

Kok, bisa ada minuman sampah? Ini karena penampilan wedang uwuh yang sesudah diseduh terlihat berantakan mirip dengan sampah rempah. Meski demikian, minuman herbal ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 5 Minuman Pendamping Sarapan, Cocok untuk Diet

Untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini bahan-bahan wedang uwuh, cara membuat, dan manfaat wedang uwuh yang dirangkum dari berbagai sumber.

Bahan Wedang Uwuh

Wedang uwuh memiliki bahan-bahan rempah yang menyehatkan tubuh. Adapun komposisi wedang uwuh yaitu kayu secang, kayu manis, cengkeh, serai, pala, kapulaga, dan gula pasir atau gula batu.

Kapulaga dan jahe di dalam wedang uwuh, akan memberikan sensasi hangat pada tubuh, sehingga minuman tradisional ini cocok dikonsumsi saat hujan atau cuaca dingin.

Cara Membuat Wedang Uwuh

Baca Juga: 3 Minuman Alami yang Ampuh Menurunkan Berat Badan, Ini Resepnya!

Cara membuat wedang uwuh terbilang mudah dan praktis. Adapun cara membuatnya yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, jahe dibakar dan kemudian digeprek pipih. rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan jahe, rebus hingga keluar sarinya.
  2. Setelah itu, masukan secang, cengkeh, pala, kayu manis, dan gula batu. Semua bahan direbus hingga mendidih sekitar 15 menit dan berwarna merah
  3. Jika sudah berwarna merah, segera angkat, lalu tuangkan dalam gelas
  4. Selanjutnya, wedang uwuh dapat disajikan dengan/tanpa disaring.

Perlu diketahui, wedang uwuh ini dapat bertahan selama 3 sampai 5 hari dalam kulkas. Soal cara mengonsumsinya, wedang uwuh ini dapat disajikan dalam kondisi panas atau bisa juga dinikmati dengan tambahan es batu.

Manfaat Wedang Uwuh

Wedang uwuh memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Adapun manfaat wedang uwuh untuk kesehatan, antara lain:

  • Batuk
  • Masuk angin
  • Perut kembung
  • Pegal linu
  • Menyegarkan badan
  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Melegakan tenggorokan

Nah, demikianlah informasi mengenai apa itu wedang uwuh, lengkap dengan cara membuat dan manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar