alexametrics

6 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Mampu Meredakan Nyeri Haid hingga Hipertensi

Rima Sekarani Imamun Nissa
6 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Mampu Meredakan Nyeri Haid hingga Hipertensi
Ilustrasi Daun Pepaya. (Unsplash/Dawn McDonald)

Bisa diolah menjadi beragam makanan dan minuman, berikut beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh.

Suara.com - Daun pepaya merupakan salah satu bahan yang kerap dijadikan pengobatan tradisional berkat kandungan antioksidan, mineral serta vitamin di dalamnya. Kira-kira, apa saja manfaat daun pepaya yang mungkin masih jarang diketahui?

Pemanfaatan daun pepaya sebagai pengobatan tradisional terbilang mudah, mulai dari dijadikan minuman dengan cara direbus untuk diambil ekstraknya hingga dijadikan masker.

Selain pengobatan tradisional, daun pepaya juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan, mulai dari kesuburan rambut sampai mengurangi risiko hipertensi.

Dilansir dari Healthline dan Health Benefit Times, berikut beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan.

Baca Juga: 7 Tanda Kekurangan Vitamin A, Kulit Kering hingga Luka Susah Sembuh

Ilustrasi daun pepaya. (Pixabay/thiagolazarino)
Ilustrasi daun pepaya. (Pixabay/thiagolazarino)

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Ringankan gejala demam berdarah

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa daun pepaya dipercaya mampu meningkatkan kadar trombosit dalam darah secara signifikan.

Seperti yang kita tahu, penderita demam berdarah sangat membutuhkan asupan trombosit dalam tubuh untuk meringankan gejala yang ada.

Meski sampai saat ini belum ada obat khusus untuk demam berdarah, pemberian daun pepaya dipercaya ampuh mengobati gejala yang berhubungan dengan demam berdarah.

Baca Juga: Demam Berdarah Bisa Sebabkan Komplikasi Parah, Kenali Gejalanya

Melancarkan kerja sistem pencernaan

Ekstrak daun papaya, dipercaya efektif untuk meringankan beragam gejala gangguan pencernaan, seperti mulas sampai perut kembung.

Penggunaan bubuk papain, sebuah enzim yang ada dalam daun papaya juga diketahui mampu mengatas permasalahan pencernaan.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian mendalam terkait manfaat daun papaya untuk sistem pencernaan ini.

Redakan nyeri haid

Kandungan senyawa aktif dalam daun pepaya memiliki manfaat untuk meredakan nyeri haid yang kerap mengganggu wanita saat memasuki musim suburnya.

Caranya, cukup rebus satu helai daun pepaya dengan garam dan asam jawa sampai mendidih. Kemudian, minum selagi hangat. Minum teratur sampai nyeri haid terasa lebih ringan.

Cara Jitu Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami. (Shutterstock)
Bekas jerawat. (Shutterstock)

Hilangkan bekas jerawat

Kemunculan jerawat di wajah dipicu oleh kebersihan kulit yang tidak terjaga dengan baik. Dengan kulit wajah yang tidak terawat, pori-pori akan tersumbat sehingga membuat minyak dan sisa kotoran tertinggal di wajah.

Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan daun papaya, buatlah masker daun pepaya menggunakan blender dengan menambahkan sejumlah air sampai berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan masker daun pepaya ke area kulit bekas jerawat.

Menyuburkan rambut

Kandungan flavonoid serta vitamin E pada daun pepaya memiliki fungsi untuk pertumbuhan rambut serta merawat kesehatan kulit kepala.

Selain itu, dengan mengkonsumsi daun pepaya yang memilki kandungan antioksidan juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif sehingga meningkatkan kesuburan rambut di kepala.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait penggunaan topikal masker kulit kepala bagi kesuburan rambut.

Menurunkan risiko hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan keadaan di mana tekanan darah dalam tubuh mencapai angka 130/80 mmHg atau lebih.

Beberapa penderita hipertensi biasanya mengalami beberapa gejala seperti lemas, sakit kepala, sampai sesak napas yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan dapat memicu penyakit lain seperti jantung sampai stroke.

Selain pengobatan dengan obat kimia, pengobatan alami dengan rebusan daun pepaya juga dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Caranya, cukup konsumsi rebusan daun pepaya dengan campuran madu dan lakukan secara teratur untuk memperoleh hasil maksimal.

Itulah berbagai manfaat daun pepaya yang ternyata cukup banyak. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar