alexametrics

7 Cara Menghilangkan Henna di Tangan, Mudah dan Tidak Menyakitkan

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Cara Menghilangkan Henna di Tangan, Mudah dan Tidak Menyakitkan
Tato henna pada tangan perempuan. (Shutterstock)

Bagaimana cara menghilangkan henna di tangan agar kuku dan kulit bersih kembali?

Suara.com - Henna atau pacar merupakan salah satu hiasan yang kerap digunakan untuk kulit dan kuku wanita saat perayaan hari besar, seperti pernikahan. Nah, pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan henna di tangan setelah setelah semua rangkaian acara selesai?

Henna memang berasal dari bahan alami, yaitu daun tanaman pacar. Namun, warna henna dapat bertahan selama lebih dari 2 minggu pada kulit ataupun kuku sebelum akhirnya memudar.

Walau begitu, kamu tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan henna secara cepat tanpa harus menunggu berhari-hari.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara menghilangkan henna pada kulit dan kuku secara cepat.

Baca Juga: 6 Urutan Memakai Skincare yang Pantang Dilewati di Pagi Hari

Ilustrasi tato henna. (Pixabay/Mehndi Training Center)
Ilustrasi tato henna. (Pixabay/Mehndi Training Center)

Pasta gigi

Kandungan deterjen serta agen abrasive pada pasta gigi terbukti ampuh untuk menghilangkan berbagai noda, salah satunya henna pada kuku.

Bagaimana cara menghilangkan henna pakai pasta gigi? Oleskan pasta gigi pada kuku, lalu diamkan selama 10 sampai 15 menit hingga pasta gigi mengering. Setelah itu, gosok pasta gigi secara perlahan untuk memudarkan henna.

Sabun dan air hangat

Henna dapat dihilangkan dengan mudah menggunakan sabun dan air hangat. Sara ini tidak hanya bisa digunakan untuk henna di kuku namun juga henna di kulit tubuh.

Baca Juga: Benarkah Air Lemon Berbahaya Untuk Pasien Penyakit Ginjal? Ini Faktanya

Caranya, oleskan sabun ke bagian yang telah terlapisi henna, kemudian gosok menggunakan tangan atau dengan bantuan spons.

Selanjutnya, bilas sabun dengan air hangat. Lakukan beberapa kali pengulangan untuk membuat henna benar-benar menghilang.

Baby oil

Selanjutnya, pigmen henna di kulit juga dapat dihilangkan menggunakan cairan baby oil. Kamu dapat menggosokkan kapas atau kain yang telah dibasahi dengan baby oil pada bagian kulit yang dihiasi henna. Setelahnya, diamkan selama 10 sampai 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

Air garam

Cara menghilangkan henna di tangan berikutnya adalah memanfaatkan air garam. Kandungan natrium klorida pada air garam terbukti ampuh untuk menyehatkan kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati. Dengan begitu, hiasan henna pada kulit juga akan lebih mudah dihilangi.

Caranya, larutkan setengah gelas garam ke dalam air hangat. Setelah itu, rendam kuku tangan atau kaki yang telah dihiasi henna, dan diamkan setidaknya selama 20 menit.

Air lemon

Salah satu manfaat air lemon adalah mencerahkan dan membersihkan noda pada kulit. Itulah mengapa bahan ini juga bisa membantu menghilangkan bekas henna.

Caranya, oleskan air lemon sambil digosok secara perlahan pada bagian kulit yang dihiasi henna. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat.

Namun, cara ini perlu kamu pertimbangkan kembali jika memiliki kulit sensitif karena dapat menyebabkan iritasi.

Micellar water

Micellar water memang dikenal ampuh untuk membersihkan bekas makeup. Namun lebih dari itu, micellar water rupanya juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas henna pada kulit.

Caranya, usapkan kain atau kapas yang telah dibasahi dengan micellar water pada bagian kulit dengan bekas henna. Kemudian, gosok perlahan sampai henna terlihat mulai memudar.

Kondisioner

Selain dapat digunakan untuk melembapkan rambut, kondisioner juga bisa dipakai untuk menghilangkan bekas henna atau pacar pada kulit, lho.

Caranya mudah, oleskan kondisioner pada permukaan kulit yang terlapisi henna. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Itulah beberapa cara menghilangkan henna di tangan. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar