facebook

Self Healing Artinya Apa? Ini 5 Cara Efektif dan Terbaik untuk Melakukannya

Rima Sekarani Imamun Nissa
Self Healing Artinya Apa? Ini 5 Cara Efektif dan Terbaik untuk Melakukannya
Ilustrasi Perempuan Minum di Jendela. (pixabay.com//865304)

Begini beberapa cara melakukan self healing, upaya penyembuhan luka dari dalam diri.

Suara.com - Pernah kamu bertanya-tanya, self healing artinya apa sebenarnya, sih? Self healing kerap diartikan sebagai sebuah proses yang harus kita hadapi sendiri untuk menyembuhkan berbagai luka batin yang diakibatkan oleh bermacam hal.

Secara tidak sadar, beragam kejadian di masa lampau serta kegagalan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir memberikan luka yang dapat memicu depresi.

Apa itu self healing ?

Dilansir dari laman Psychology Today, self healing adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh masing-masing pribadi untuk menyembuhkan luka secara mandiri.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Menu Sarapan Sehat, Bisa Dimakan sebelum Olahraga Pagi

Ilustrasi perempuan bersantai (pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi perempuan bersantai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pada sebuah penelitian bahkan telah membuktikan bahwa setiap individu memiliki kemampuan untuk menyembuhkan "luka" itu sendiri, dengan presentasi keberhasilan hingga 18-75 persen.

Bagaimana cara melakukan self healing?

1. Berikan waktu untuk diri sendiri

Meluangkan waktu untuk kebahagiaan diri sendiri atau me time bisa kamu jadikan salah satu cara self healing. Dengan melakukan me time, kamu dapat mengenali diri sendiri dan menyadari betapa berharganya kamu selama ini.

Pasalnya, terlalu banyak menghabiskan waktu dengan orang lain juga dapat membuat seseorang justru mengabaikan kebahagiaan mereka sendiri.

Baca Juga: Tidak Tiba-tiba, Gangguan Jiwa Dikatakan Pakar Terjadi Secara Bertahap

2. Olahraga rutin

Dengan olahraga secara rutin, kamu dapat meningkatkan produski hormon endorphin yang dapat menumbuhkan energi positif dalam tubuh. Olahraga juga dipercaya bisa membuah emosi-emosi negatif yang dapat menimbulkan overthingking dan memicu depresi.

Jadi, meskipun kamu disibukkan dengan rutinitas sehari-hari, luangkan sedikit waktu untuk meregangkan otot dan sendi, ya!

3. Menulis jurnal

Salah satu cara menyalurkan emosi dapat dilakukan dengan membuat sebuah tulisan. Dengan menulis jurnal, kamu dapat mengutarakan perasaan kemudian membacanya kembali untuk dijadikan sebuah pelajaran.

Tidak hanya kegelisahan, kamu juga bisa menuliskan hal-hal yang membuatmu bahagia sehingga dapat dibaca kembali saat suasana hati gelisah hadir kembali.

4. Makan sehat

Seperti kata sebuah pepatah you are what you eat, membiasakan makan makanan yang sehat juga dapat digunakan sebagai cara self healing.

Tubuh tentu membutuhkan asupan nutrisi dan gizi seimbang yang hanya dapat diperoleh dari buah dan sayur sebagai sumber makanan sehat. Namun, sesekal, kamu tetap boleh jajan kopi dan makanan cepat saji, kok.

5. Cari bantuan profesional

Luka yang telah lama dipendam memang membutuhkan energi lebih saat proses penyembuhan. Maka tidak salah, jika kamu membutuhkan orang lain dalam proses tersebut.

Jika masih memungkinkan, kamu bisa berbicara dengan sahabat, atau anggota keluarga yang dipercaya. Di samping itu, kamu juga bisa melakukan sesi konseling pada seorang profesional. Saat ini, beberapa konseling juga sudah dapat dilakukan secara gratis dengan jaminan BPJS.

Bagaimana? Sudah lebih paham soal self healing artinya apa? Semoga informasi di atas bermanfaat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar