facebook

Dijamin Sehat, 8 Makanan Tinggi Protein Paling Lezat dan Diperlukan Tubuh

Rima Sekarani Imamun Nissa
Dijamin Sehat, 8 Makanan Tinggi Protein Paling Lezat dan Diperlukan Tubuh
Parmesan (Pixabay/RitaE)

Apa saja makanan tinggi protein yang sehat dan rasanya lezat? Yuk, simak artikel berikut ini!

Suara.com - Banyak orang membutuhkan asupan makanan tinggi protein. Lalu, makanan apa saja yang mengandung banyak protein dan cocok dimasukkan dalam daftar menu makanan sehat sehari-hari?

Protein adalah makronutrien yang membentuk blok bangunan tubuh manusia. Protein diperlukan untuk proses pertumbuhan dan perbaikan semua jaringan, termasuk hormon dan enzim. Bahkan kekurangan asupan protein bisa mengganggu fungsi tubuh secara umum.

Dilansir dari Prevention, Rabu (10/11/2021), berikut daftar makanan tinggi protein yang lezat dan diperlukan tubuh.

Makanan Tinggi Protein

Baca Juga: Sahabat Diet, Ini 7 Makanan Rendah Kalori Sehat dan Mengenyangkan

Ilustrasi telur rebus. (Pexels/Jane D.)
Ilustrasi telur rebus. (Pexels/Jane D.)

Telur

Telur menjadi sumber protein yang luar biasa dan cocok dengan hampir semua hidangan, mulai dari tumis, salad, hingga roti panggang. Satu telur mengandung 6 gram protein dan 13 vitamin dan mineral penting, termasuk kolin dan vitamin D yang menyehatkan otak.

Edamame

Seimbangkan asupan karbohidrat dengan edamame yang kaya protein. Kacang kedelai hijau ini memiliki 9 gram protein dan 100 kalori dalam porsi canglir. Edamame juga mengandung serat, kalium, dan vitamin A. Makanan kaya protein ini juga bagus untuk menghilangkan rasa lapar.

Daging Ayam Tanpa Lemak

Baca Juga: Ini 6 Makanan Penyebab Asam Urat, Wajib Dihindari!

Daging ayam tanpa lemak menjadi sumber protein tinggi untuk tubuh. Ayam dapat dihidangkan sebagai salad, sup, steak, dan menu lainnya.

Tuna

Ikan berlemak ini menyajikan asam lemak omega 3 yang menyehatkan jantung. Satu porsi 3 ons tuna mentah mengandung 20 gram protein. Ikan lezat ini menjadi pilihan hidangan favorit yang menyehatkan.

Ilustrasi tahu. (Pixabay/hanul choi)
Ilustrasi tahu. (Pixabay/hanul choi)

Tahu

Tahu adalah salah satu makanan tinggi protein yang murah dan paling mudah diolah. Protein berbasis kedelai ini hadir dalam berbagai tekstur dan cocok diracik dengan bumbu apapun.

Porsi 3 ons tahu mengandung 9 gram protein dan 90 kalori, ditambah serat, zat besi, dan kalsium yang kaya.

Tempe

Tempe adalah produk fermentasi kedelai dengan rasa kenyal menyerupai daging. Tempe dalam porsi 3 ons mengandung 170 kalori dan 16 gram protein. Ditambah, proses fermentasi menciptakan probiotik usus yang baik untuk sistem pencernaan.

Buncis

Buncis adalah makanan tinggi protein yang cocok dijadikan menu salad. Dalam satu cangkir buncis, kamu akan mendapat protein ekstra hampir 15 gram, 12 gram serat, dan zat besi.

Parmesan Cheese

Selama dalam porsi yang terjaga, keju bisa menjadi makanan yang bagus menambah asupan protein, kalsium, dan vitamin D.

Hanya 1 ons keju parmesan parut menghasilkan 8 gram protein dengan sekitar 120 kalori. Taburkan keju parmesan ke salad, pasta atau telur.

Itulah daftar makanan tinggi protein yang sangat penting untuk membangun dan mempertahankan massa otot, mengenyangkan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar