alexametrics

7 Jenis Burung Kecil, Bertubuh Mungil Tapi Punya Bulu Cantik dan Suara Merdu

Arendya Nariswari
7 Jenis Burung Kecil, Bertubuh Mungil Tapi Punya Bulu Cantik dan Suara Merdu
Ilustrasi burung lovebird. (Pixabay/juliusH)

Bersuara nyaring dan merdu, ini dia 7 jenis burung kecil yang banyak dijadikan peliharaan di Indonesia.

Suara.com - Meski ukuran beberapa burung realtif kecil, namun kicauan mereka tetap tidak kalah nyaring dan merdu dari burung yang memiliki ukuran standard. Lalu apa saja ya, jenis burung kecil yang banyak dipelihara di Indonesia?

Selain suaranya yang bagus, beberapa jenis burung kecil di bawah ini juga memiliki warna bulu yang indah, sehingga sangat cocok untuk ditempatkan di depan rumah.

Nah, kalau kamu tertarik memelihara burung kecil di rumah. Yuk, cari tahu jawabannya burung apa yang sebaiknya kamu pilih, melalui artikel di bawah ini.

1. Kenari

Baca Juga: 5 Makanan Burung Hantu yang Wajib Diketahui, Jangan Asal-asalan untuk Asupan Harian

Ilustrasi burung kenari - (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi burung kenari - (Pixabay/PublicDomainPictures)

Burung kecil satu ini cukup populer untuk dijadikan sebagai burung peliharaan. Selain karena corak warnanya yang cantik dan beragam, harga burung Kenari juga cukup murah sehingga terjangkau bagi pemula.

Burung dengan nama latin Serinus canaria ini memiliki ukuran tubuh sekitar 10-12 cm dari ujung paruh hingga ekor, dengan bobot hanya 15 gram.

2. Love Bird

Ilustrasi burung lovebird. (Pixabay/hoppelpoppel82)
Ilustrasi burung lovebird. (Pixabay/hoppelpoppel82)

Siapa yang tidak tahu burung kecil satu ini? Warna bulunya yang cantik serta suaranya yang nyaring dan merdu membuat burung Love Bird banyak dipilih untuk menghiasi halaman rumah.

Burung yang juga dikenal dengan nama Labed ini memiliki panjang rata-rata 13-17 cm dengan bobot 40-60 gram saja.

Baca Juga: Salip Palembang, Musi Banyuasin Pimpin Klasemen Porprov XIII Sumsel

3. Pleci

Dengan ciri corak putih melingkar pada matanya, burung yang termasuk di dalam famili Zosteropidae ini mendapat julukan burung kacamata.

Kecil-kecil cabe rawit mungkin jadi salah satu julukan dari burung Pleci. Karena meskipun hanya berukurnan 15 cm, burung Pleci memiliki suara yang nyaring dengan karakteristiknya yang istimewa.

4. Cucak Hijau

Sesuai dengan namanya, burung dengan ukuran kecil satu ini akan terlihat mencolok karena warna bulunya yang hijau dan terang.

Burung bersuara merdu ini dapat dengan mudah ditemukan di wilayah Sumatera, Kalimantan, sampai Bali. Selain warna tubuhnya yang hijau, Cucak ini memiliki bulu hitam di area lehernya.

5. Tledekan

Burung kecil dengan suara merdu selanjutnya adalah Tledekan atau burung sulingan. Selain bersuara nyaring, burung satu ini juga pintar menirukan suara burung lain.

Tledekan memiliki panjang tubuh 14-15 cm dengan berat 12,5 – 18 gram. Beberapa jenis Tledekan yang terkenal adalah Tledekan Laut (Cyanoptila Cyanomelana), Tledekan Gunung (Cyornis Banyumas), dan Tledekan Selendang Biru (Cyornis Unicolor)

6. Prenjak

Meski hanya memiliki panjang tubuh 10-15 cm, kehadiran burung Prenjak di habitatnya dapat membuat suasana sangat riuh karena suaranya yang kencang.

Prenjak berasal dari keluarga Sylviidae dengan postur tubuh yang tidak hanya kecil, namun juga ramping.

7. Kolibri

Burung Kolibri. [shutterstock]
Burung Kolibri. [shutterstock]

Populasi burung kecil cantik satu ini paling banyak ditemukan di wilayah Amerika Selatan dan Utara. Meski begitu, diketahui ada lebih dari 300 spesies Kolibri yang hidup di pedalaman hutan Amazon.

Salah satu jenis Kolibri dipercaya hanya memiliki ukuran tubuh 6,4 cm dengan bobot sekitar 6 gram. Di Indonesia sendiri ada satu jenis burung Kolibri yang sangat populer, yaiyu Kolibri Ninja.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar