alexametrics

3 Opsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat untuk Asupan Harian, Nggak Melulu Harus Nasi

Arendya Nariswari
3 Opsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat untuk Asupan Harian, Nggak Melulu Harus Nasi
Ilustrasi karbohidrat olahan. (Elements Envato)

Dari jagung sampai ubi jalar, yuk simak 3 opsi makanan yang mengandung karbohidrat berikut ini.

Suara.com - Karbohidrat jadi salah satu nutrisi yang wajib dipenuhi setiap hari, karena jadi sumber tenaga untuk aktivitas dan metabolisme tubuh. Tentu saja, sebagai masyarakat modern yang menerapkan pola hidup sehat, Anda wajib paham makanan yang mengandung Karbohidrat sebagai opsi setiap hari.

Sebenarnya nasi merupakan sumber Karbohidrat yang cukup baik. Namun alangkah baiknya jika sumber Karbohidrat juga dilakukan rotasi. Beberapa makanan bisa jadi alternatif pengganti nasi, atau selingan, sehingga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bisa benar-benar lengkap.

1. Jagung

Ilustrasi Jagung. (Pixabay)
Ilustrasi Jagung. (Pixabay)

Salah satu sumber Karbohidrat lain yang bis dijadikan alternatif adalah jagung. Ya, makanan ini mengandung Karbohidrat yang cukup tinggi. Setidaknya dalam 100 gram jagung, terkandung Karbohidrat sebanyak 25 gram, serta 3,36 gram Protein.

Baca Juga: 4 Cara Menurunkan Berat Badan, Terbukti Sehat dan Efektif

Di Indonesia sendiri jagung banyak dijajakan sebagai makanan olahan seperti popcorn. Selain itu jagung bisa diolah menjadi bakwan, atau sekedar merebus dan membakarnya saja. Karena kandungannya yang cukup padat nutrisi, jagung bisa jadi opsi menarik untuk mendampingi atau pengganti nasi. 

2. Ubi Jalar

Ilustrasi Ubi Jalar. (freepik.com)
Ilustrasi Ubi Jalar. (freepik.com)

Alternatif selanjutnya adalah ubi jalar. Makanan ini memiliki kandungan yang cukup banyak untuk Karbohidrat. Pada ubi jalar berukuran sedang, kandungan Karbohidratnya bisa mencapai 23,6 gram. Tentu saja ini jadi alasan kenapa mengkonsumsi ubi jalar bisa membuat Anda merasa lekas kenyang.

Pada ubi jalar ungu, kandungan Antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu mencegah kanker dan tumor. Untuk menyajikannya Anda cukup merebusnya saja. Alternatif lain Anda juga bisa membakarnya atau memanggangnya, tanpa perlu tambahan bumbu apapun.

3. Kacang Merah

Baca Juga: Jadi Sumber Kekuatan, Ini 5 Makanan yang Mengandung Karbohidrat

ilustrasi kacang merah (pixabay,com)
ilustrasi kacang merah (pixabay,com)

Salah satu jenis kacang-kacangan ini juga bisa jadi opsi menarik makanan yang mengandung Karbohidrat. Dalam setiap satu cangkir kacang merah, akan mengandung setidaknya 21 gram Karbohidrat, cukup tinggi untuk golongan kacang-kacangan.

Selain kandungan Karbohidrat, kacang merah juga memiliki kandungan Protein dan Serat, sehingga baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Ada juga Kalium yang dapat membantu mengurangi resiko radang pada usus besar. Banyak sekali ya manfaatnya?

Itu tadi tiga opsi alternatif makanan yang mengandung Karbohidrat cukup tinggi untuk Anda. Memang masih banyak makanan lain yang mengandung Karbohidrat. Jadi jangan berhenti untuk menjelajah makanan untuk mendapatkan kandungan terbaik untuk tubuh Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar