alexametrics

Desainer Ria Miranda Gelar Annual Show Untuk Rayakan 10 Tahun Tema Minang Heritage

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Desainer Ria Miranda Gelar Annual Show Untuk Rayakan 10 Tahun Tema Minang Heritage
Ria Miranda Gelar Annual Show Untuk Rayakan 10 Tahun Tema Minang Heritage. (Suara.com/Dinda Rachmawaty)

Tema Minang Heritage merupakan tema yang 10 tahun belakangan menghiasi karya Ria Miranda.

Suara.com - Desainer busana muslim Ria Miranda hari ini, Kamis (2/12/2021), kembali menggelar annual show yang ke 9 kalinya di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta.

Acara yang digelar secara hibrid ini kembali mengangkat tema Minang Heritage, tema yang 10 tahun belakangan menghiasi karyanya. Pada pagelaran ini, brand RiaMiranda menghadirkan koleksi tahun 2022 yang terdiri dari koleksi Spring Summer 2022 dan Raya Collection 2022.

"Melihat kondisi pandemi yang semakin membaik, sekaligus bertepatan dengan perayaan 10 tahun karya Minang Heritage, yang koleksinya pertama kali debut di panggung Jakarta Fashion Week (JFW) 2021, rasanya momentum ini nggak mau aku sia-siakan," ujarnya dalam konferensi yang digelar setelah pagelaran.

Bagi ibu tiga anak tersebut, karya Minang Heritage memiliki arti penting untuk perjalanan kariernya di dunia fashion. Sebagai seseorang yang lahir dan besar di Sumatera Barat, Ria ingin terus melestarikan budaya tanah kelahirannya ini dengan mengenalkannya pada masyarakat luas.

Baca Juga: Lucunya Anjing Peliharaan saat Mengikuti Fashion Show

Ria Miranda Gelar Annual Show Untuk Rayakan 10 Tahun Tema Minang Heritage. (Suara.com/Dinda Rachmawaty)
Ria Miranda Gelar Annual Show Untuk Rayakan 10 Tahun Tema Minang Heritage. (Suara.com/Dinda Rachmawaty)

"Aku merasa tema Minang Heritage ini cukup berhasil ya di mata customer, jadi ketika kita bikin koleksi Minang itu Ria Miranda banget. Memang aku asalnya dari Padang, jadi pengen bisa melestarikan terus budaya ini," imbuh Ria.

Masih membawa keindahan ornamen dari songket Minang yang indah, kini eksplorasinya semakin istimewa dengan teknik printing, warna-warna pastel dan earth tone yang ia sebut sebagai warna scandinavian.

Koleksi yang akan diluncurkan besok, Jumat (3/12/2021), kata Ria, terdiri dari dress, atasan, outer, dan tunik. Sebanyak 25 looks ini dipresentasikan dalam bentuk video campaign dengan sinematografi dan narasi yang menggambarkan perjalanan hidup sosok perempuan Minang.

Dalam koleksi tersebut terlihat ciri khas dari permainan siluet longgar, hingga drapery dengan pilihan warna pastel yang hangat. Variasi cutting yang oversized, drapery gathered, raglan sleeve cutting dan flare yang menjadi ciri khas feminine cutting koleksi RiaMiranda juga masih terlihat.

Tak hanya itu, detail craftsmanship berupa embroidery pada lini RiaMiranda Signature dengan motif songket Minang terbaru juga dihadirkan secara khusus untuk menyambut 10 tahun Minang Heritage.

Meski mengusung tema Minang Heritage, RiaMiranda memilih Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung, sebagai visual untuk mempresentasikan koleksi terbarunya.

Baca Juga: Kocak, Asik Lenggak-lenggok Bak Model di Kelas, Murid Panik Dipergoki Sosok Ini

Lokasi ini, kata dia, dipilih karena Tubaba melambangkan sebuah kota yang sedang maju berkembang, terlihat dari karya bangunan arsitekturnya sangat indah oleh Andra Matin.

"Dengan visi yang jauh ke depan dan mengutamakan kearifan lokal, aku rasa sangat pantas untuk mengangkat Tubaba menjadi semangat kita di tahun 2022 untuk tumbuh berkembang," tutup dia.

Komentar