alexametrics

Cara Melakukan Double Cleansing Serta Jenis Kulit yang Tidak Dianjurkan Melakukannya

Risna Halidi | Lilis Varwati
Cara Melakukan Double Cleansing Serta Jenis Kulit yang Tidak Dianjurkan Melakukannya
Ilustrasi Membersihkan Wajah dengan melakukan metode double cleansing (Shutterstock)

Ia membagikan cara yang tepat dalam melakukan double cleansing yang benar. Yuk simak tipsnya.

Suara.com - Membersihkan wajah jadi tahap awal dan salah satu yang terpenting dalam penggunaan produk perawatan kulit atau skincare. Pasalnya jika mencuci wajah tidak sampai bersih, maka kemungkinan produk skincare yang digunakan tidak akan terserap optimal.

Untuk itu bagi beberapa orang, metode double cleansing atau pembersihan ganda menjadi teknik perawatan kulit yang umum dilakukan. Nah, apakah kamu tahu manfaatnya?

Selain membersihkan bekas riasan yang mungkin juga bercampur dengan debu dan kotoran, double cleansing juga dipercaya menjadi metode dasar untuk mencegah timbulnya jerawat dan mencerahkan kulit sekaligus.

Melakukan teknik double cleansing harus menggunaan dua jenis pembersih berbeda yakni pembersih berbahan dasar minyak, lalu diikuti dengan pembersih berbahan dasar air.

Baca Juga: Bagikan Rutinitas Skincare sebelum Tidur, Sophia Latjuba Dipuji Mirip Wonder Woman

"Pembersih berbasis minyak untuk menghilangkan riasan berminyak, tabir surya, sebum, dan polusi lebih efektif daripada pembersih berbasis air," kata konsultan dokter kulit di Stratum Clinics Dr Sasha Dhoat, dikutip dari Metro.

Setelah pembersih berbahan dasar minyak menghilangkan berbagai kotoran di wajah, pembersih berbahan dasar air yang dipakai kedua, dapat menembus lebih mudah ke dalam pori-pori kulit. Sehingga, kotoran bisa lebih mudah terangkat, jelas dokter Sasha.

Pembersihan ganda juga sangat penting dilakukan untuk yang rutin menggunakan makeup. Namun demikian, ia tidak menyarankan orang dengan kulit normal atau kering melakukan double cleansing.

"Bagi kebanyakan orang dengan kulit normal atau kering, pembersihan ganda sebenarnya dapat merusak lebih banyak pelindung kulit," katanya.

Sasha menjelaskan, pada jenis kulit seperti itu jika mencuci wajah terlalu berlebihan justru dapat menyebabkan kulit jadi lebih kering, kemerahan, dan pengelupasan.

Baca Juga: Isyana Sarasvati Picky Banget soal Skincare, Mantap Pilih Brand Lokal dengan Bahan Alami

Berbeda hasilnya untuk orang dengan kulit berminya atau yang memakai riasan tebal sehari-hari, pembersihan ganda justru sangat bermanfaat.

Ia membagikan cara yang tepat dalam melakukan double cleansing yang benar, sebagai berikut:

Langkah 1: Gunakan pembersih berbasis minyak untuk menghilangkan kotoran seperti riasan dan SPF.

Langkah 2: Gunakan pembersih berbasis air untuk pembersihan kotoran pada bagian dalam pori kulit. Pijat wajah dengan lembut ke dalam kulit.

Langkah 3: Bilas dengan air hangat.

Langkah 4: Keringkan dengan kain besih secara ditepuk-tepuk. Lanjutkan rutinitas skincare dengan serum dan pelembap.

Komentar