alexametrics

5 Makanan untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama

Rifan Aditya
5 Makanan untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama
5 Makanan untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama - Kacang-kacangan, salah satu makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil. (Shutterstock)

Makanan bergizi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, khususnya pada kehamilan trimester pertama. Apa saja makanan untuk ibu hamil di trimester pertama?

Suara.com - Makanan bergizi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, khususnya pada kehamilan trimester pertama. Apa saja makanan untuk ibu hamil di trimester pertama?

Selain baik untuk kesehatan ibu selama masa kehamilan, makanan bergizi juga berguna untuk perkembangan janin yang optimal. Di mana trimester pertama merupakan fase terpenting pertumbuhan janin.

Inilah 5 makanan untuk ibu hamil di trimester pertama

1. Makanan tinggi asam folat

Baca Juga: Tak Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Keju bagi Kesehatan Tubuh

DIlansir dari Journal of American Medical Association, calon ibu hamil yang mengkonsumsi asam folat sejak empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu usai kehamilan dapat menurunkan risiko autis pada calon bayi hingga 40 persen.

Asam folat memang memegang peranan penting sebagai pembentuk sel otak bayi sekaligus peningkatan kecerdasan. Selain itu, asam folat juga bagus untuk mencegah keguguran, hingga risiko preeklamsia.

2. Sayuran hijau

Selain kadar serat tinggi pada sayuran hijau yang mampu mencegah sembelit pada ibu hamil. sayuran hijau juga memiliki segudang nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam kandungan.

Makanya sayuran hijau dianjurkan menjadi makanan untuk ibu hamil. Vitamin C, kalisun, zat besi, antioksidan, vitamin K, hingga folat dapat ditemukan pada sayuran hijau seperti brokoli, kubis, bayam, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Ini Kriteria Makanan 4 Sehat 5 Sempurna, Sudahkah Kamu Memenuhinya?

3. Makanan tinggi zat besi

Komentar