alexametrics

Rekomendasi Makanan Khas Semarang yang Tak Boleh Dilewatkan

Rifan Aditya
Rekomendasi Makanan Khas Semarang yang Tak Boleh Dilewatkan
Rekomendasi Makanan Khas Semarang yang Tak Boleh Dilewatkan - Toko Lumpia Cik Meme sajikan Lumpia khas kota Semarang. (Suara.com/Ambar Adi Winarso)

Di antara semua makanan khas Semarang terkenal yang ada, berikut ini rekomendasi kuliner Semarang yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana.

Suara.com - Kota Semarang kaya akan keragaman budaya dan kuliner. Hal ini bisa terlihat dari makanan khas Semarang yang sebagian besar dipengaruhi oleh budaya-budaya tersebut. Mulai dari makanan ringan seperti lumpia, sampai hidangan utama seperti Nasi Ayam Semarang yang sedikit banyak telah dipengaruhi oleh budaya luar.

Di antara semua makanan khas Semarang terkenal yang ada, berikut ini rekomendasi kuliner Semarang yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. 

1. Lumpia

Makanan khas Semarang yang pertama adalah lumpia. Sejarah Lumpia berawal dari kreasi seorang Tionghoa Tjoa Thay Yoe yang menetap di Semarang dan membuat Lumpia cita rasa lokal.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Jawa Tengah, Ada Serabi hingga Lumpia Semarang

Resep Lumpia Semarang juga sedikit berbeda dengan hidangan asli tiongkoknya, yaitu Lun Pia. Lumpia Semarang menggunakan rebung rebung sebagai isian. Selain rebung, terkadang daging ayam dan udang juga digunakan sebagai isian dari Lumpia, sehingga semakin nikmat saat dicocol ke sambal.

2. Wingko Babat

Selain Lumpia, Semarang juga terkenal dengan salah satu jajanan yaitu Wingko Babat Semarang. Wingko Babat ini sangat mudah ditemukan di stasiun, terminal, serta toko kue dan toko oleh-oleh khas Semarang.

Kue tradisional yang ini terbuat dari parutan kelapa muda, tepung beras ketan, serta gula yang dibentuk bulat lalu dipanggang. Rasa gurih dari kelapa, dan manis dari gula jawa yang digunakan sangat cocok untuk menemanimu saat menikmati kopi atau teh.

3. Tahu Gimbal

Baca Juga: 6 Makanan Khas Bogor, Bisa Jadi Sajian Khusus untuk Malam Tahun Baru

Selain makanan ringan, Semarang juga memiliki makanan yang bisa membuat kamu kenyang seperti Tahu Gimbal. Nama Gimbal berasal dari tambahan adonan tepung dan udang yang terlihat bertumpuk dan ikut disajikan dalam hidangannya.

Komentar