alexametrics

7 Pilihan Tempat Wisata di Pekanbaru yang Harus Dikunjungi

Rifan Aditya
7 Pilihan Tempat Wisata di Pekanbaru yang Harus Dikunjungi
7 Pilihan Tempat Wisata di Pekanbaru yang Harus Dikunjungi - Istana Siak di Kabupaten Siak. [Suara.com/Alfat Handri]

Untuk Anda yang sedang berada atau ingin berkunjung ke Pekanbaru, Riau, mari luangkan waktu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Pekanbaru berikut ini.

Suara.com - Pilihan tempat wisata di Pekanbaru begitu unik dan bervariasi, membuat banyak orang dari luar daerah tertarik mengunjungi kota ini.

Untuk Anda yang sedang berada atau ingin berkunjung ke Pekanbaru, Riau, mari luangkan waktu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Pekanbaru berikut ini.

1. Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur menjadi salah satu ikon kebanggaan warga Kota Pekanbaru. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi tempat wisata di Pekanbaru yang paling populer.

Baca Juga: Anak Anggota DPRD Pekanbaru Jadi Tersangka Pemerkosaan Anak di Bawah Umur

Masjid termegah ini memiliki arsitektur campuran Melayu, Turki, Arab, dan India. Bentuk masjid ini mirip dengan Taj Mahal India dan menjadi daya tarik tersendiri bagi yang ingin berwisata religi. Letaknya berada di pusat kota di Jalan Hang Tuah. 

Masjid berkapasitas 4.500 orang jamaah ini terbagi dalam 3 tingkat yang dihubungkan dengan eskalator, untuk ibadah sholat, kantor, dan aula pertemuan. 

Ruangan masjid dihiasi kaligrafi yang sungguh indah. Bagian halaman masjid ada kolam yang terbentang cantik dan memantulkan sinar matahari dan benda di sekitarnya. Ada pula taman yang luas, hot spot gratis, dan beberapa spot untuk mengabadikan momen. Keindahan masjid Agung An Nur ini paling sempurna terlihat saat senja menjelang waktu magrib.

2. Sungai Gulamo

Siapa yang tidak tertarik dengan pesona alam yang alami dan menyejukkan jiwa ini? Sungai Gulamo dikenal sebagai green canyon-nya Riau. Berada di deretan kaki Bukit Barisan, Sungai Gulamo memiliki keunikan tersendiri 

Baca Juga: Maling Gasak Mobil Saat Salat Jumat di Pekanbaru, Berkas Penting dan Uang Hilang

Tempat wisata di Pekanbaru yang asri dan alami ini berjarak 80 km dari pusat kota Pekanbaru, tepatnya di Kabupaten Kampar atau sekitar 2,5 jam perjalanan. Wisatawan dapat menikmati perjalanan seru menyusuri di surga tersembunyi Sungai Gulamo dengan perahu motor. Pemandangan alam yang eksotis, sungai berwarna jernih, tebing menjulang dengan pahat dinding batuan cadas, dan kuliner yang luar biasa lezat.

Komentar