alexametrics

Muka Jutek Kalina Oktarani Ternyata Menyimpan Emosi Tersembunyi, Ini Penjelasannya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
Muka Jutek Kalina Oktarani Ternyata Menyimpan Emosi Tersembunyi, Ini Penjelasannya
Pasangan Vicky Prasetyo dan Kalina Oktarani usai melangsungkan akad nikah di The Lodge, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/3/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Belum lama ini, Kalina Oktarani curhat suka duka punya muka jutek. Ternyata, hal tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah.

Suara.com - Kalina Oktarani baru-baru ini curhatan seputar ekspresi wajah miliknya. Dia mengaku kerap dianggap pasang muka jutek hingga disebut sombong karenanya.

Lewat unggahan akun Instagram @kalinaocktarnny, Kalina Oktarani mengungkap bahwa dirinya punya resting bitch face atau muka jutek. Kondisi tersebut membuat dirinyasering dianggap sedang kesal atau marah, padahal sebenarnya tidak seperti itu.

"Sering dikatain jutek padahal kamu biasa aja? Itu bukan salahmu, tapi memang mukamu yang seperti itu. Muka seperti itu dikenal sebagai resting bitch face," tulis Kalina Oktarani dalam unggahannya.

Dilansir dari CNN, resting bitch face atau bisa disingkat RBF, rupanya bisa dijelaskan secara ilmiah. Bahkan, penelitian seputar RBF sudah pernah dilaksanakan pada Oktober 2015 lalu.

Baca Juga: Kalina Oktarani Curhat Dilema Punya Muka Jutek, Sering Banget Dibilang Belagu

Curhat Kalina Oktarani Dibilang Punya Muka Jutek (instagram.com/kalinaocktaranny)
Curhat Kalina Oktarani Dibilang Punya Muka Jutek (instagram.com/kalinaocktaranny)

Saat itu, ilmuwan Abbe Macbeth dan Jason Rogers dari Noldus Information Technology melakukan analisis wajah dengan software FaceReader. Itu dalah software untuk menganalisis emosi yang ada di wajah.

Macbeth dan Rogers menganalisiswajah figur publik seperti Kanye West, Kristen Stewart, hingga Ratu Elizabeth II yang selama ini dianggap punya RBF. Dari sana, diketahui bahwa orang-orang dengan muka jutek mempunyai lebih banyak emosi yang tersembunyi.

Dengan software FaceReader, seseorang tanpa RBF bakal terbaca mempunyai 97 persen ekspresi wajah netral dan tiga persen emosi tersembunyi. Angka yang jauh lebih kecil itu merujuk pada emosi seperti kesedihan, kemarahan, hingga bahagia.

Nah, seseorang dengan muka jutek atau RBF disebut punya jumlah emosi tersembunyi yang lebih besar, yakni hingga 6 persen.

Ilustrasi perempuan (pexels/Marcelo Chagas).
Ilustrasi perempuan jutek (pexels/Marcelo Chagas).

"Mereka yang punya RBF bakal melihat kenaikan emosi tersembunyi hingga 6 persen dan kebanyakan emosi yang ditunjukkan adalah penghinaan," tutur Macbeth menjelaskan.

Baca Juga: Kendaraannya Ditabrak sampai Ringsek, Kalina Oktarani Disalahkan Sopir Mobil Box

Di sisi lain, RBF bukan berarti seseorang sedang diam-diam merasa marah atau kesal. Sayangnya, banyak yang mengasosiasikan RBF dengan emosi negatif sehingga merespons tidak suka saat melihatnya.

Sementara itu, menurut dokter bedah plastik Anthony S. Youn, kondisi RBF dapat disebabkan berbagai faktor.

"Gravitasi dikombinasikan dengan genetik bisa membuat bibir tampak turun. Seiring kita bertambah tua dan kulit bertambah kendur, itu membuat ekspresi cemberut tampak permanen," ujarnya.

Sang dokter juga mengungkapkan bahwa dia sendiri juga memiliki RBF atau muka jutek. Namun, hal itu tak berarti dirinya sedang dalam suasana hati yang buruk.

Komentar