alexametrics

5 Makanan Khas Maluku yang Menggugah Selera, Nyesel Kalau Belum Pernah Coba

Arendya Nariswari
5 Makanan Khas Maluku yang Menggugah Selera, Nyesel Kalau Belum Pernah Coba
Papeda, makanan khas Papua yang terbuat dari sagu. (Foto: suara.com/Dinda Rachmawati)

Mulai dari papeda sampai nasi lapola, simak 5 makanan khas Maluku berikut ini.

Suara.com - Maluku dikenal sebagai pulau yang akan kaya akan rempah. Tidak hanya makanan khas Maluku Utara, tetapi Maluku Tenggara juga memiliki sajian kuliner yang terkenal. Makanan khas Maluku sebagian besar bersumber dari sumber daya lautnya seperti ikan, udang lobster, hingga rumput laut.

Berikut merupakan 5 makanan maluku yang patut dicoba:

1. Papeda

Cara makan papeda (TikTok @dapur_nn)
Cara makan papeda (TikTok @dapur_nn)

Papeda merupakan salah satu makanan Maluku yang terkenal, bahan dasar dari makanan ini adalah tepung sagu yang dimasak hingga terlihat seperti bubur. Papeda memiliki tekstur yang kental dan lengket, dengan warna putih serta rasanya tawar. Jika dilihat secara sekilas, tampilan papeda mirip lem kertas. Makanan khas Maluku akan terasa nikmat jika disantap dengan mubara atau ikan tongkol yang sudah ditambahkan dengan bumbu kunyit yang khas.

Baca Juga: Warga Berkerumun Bunyikan Tiang Listrik, Belasan Orang Terluka Kena Tembak di Maluku

2. Gohu Ikan

Maluku memiliki makanan khas seperti sashimi yang menyajikan ikan mentah yang bernama Gohu Ikan. Makanan ini terbuat dari ikan cakalang atau tuna mentah yang dipotong dadu dan kemudian dilumuri perasaan jeruk nipis serta garam.

Gohu ikan memiliki bumbu pelengkap yaitu campuran bawang merah, cabe rawit, dan daung kemangi.

3. Woku Komo-Komo

Waku komo-komo dibuat dengan sagu yang direndam air dan kemudian dicampur dengan rempah-rempah yang menghasilkan cita rasa yang sangat khas. Rempah yang digunakan terdiri dari bawang, merica, serai, jahe, santan kental, dan daun bawang. Setelah itu, rempah dicampur dengan jeroan ikan dan dibungkan dengan daun woka.

Baca Juga: Nyanyikan Happy Birthday ke Pelanggan Pas Antar Kopi, Aksi Driver Ojol Ini Bikin Haru

4. Nasi Lapola

Nasi Lapola khas Maluku. (Instagram/@asrisoerjadi)
Nasi Lapola khas Maluku. (Instagram/@asrisoerjadi)

Meskipun makanan Maluku paling dikenal berbahan baku sagu, tetapi ada makanan khas yang berupa nasi yang rasanya tak kalah lezat. Nasi Lapola merupakan beras yang dicampur dengan kacang tolo dan parutan kelapa muda. Memasak berasnya harus menggunakan api kecil dan dicampur dengan bumbu.

5. Kohu-Kohu

Makanan khas Maluku yang satu ini adalah kohu-kohu. Kohu-kohu merupakan sajian makanan campuran daun kemangi, kacang panjang, tauge yang masih mentah (tidak direbus) dan ditambahkan parautan kelapa, perasan lemon, irisan bawang, serta suwiran ikang cakalang asap.

Bagi Anda yang ingin mencoba makanan khas Maluku dapat pergi ke restoran bertema Maluku terdekat atau mencoba memasak di rumah. 

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

Komentar