facebook

Makanan untuk Penderita Asam Lambung, Ini Daftar Lengkap Anjuran dan Larangannya

Rima Sekarani Imamun Nissa
Makanan untuk Penderita Asam Lambung, Ini Daftar Lengkap Anjuran dan Larangannya
Ilustrasi Onion Ring (Envato elements by bhofack2)

Ingin tahu apa saja makanan untuk penderita asam lambung? Simak uraiannya di bawah ini.

Suara.com - Asam lambung yang kerap membuat tidak nyaman perut dan kerongkongan, sering dipicu oleh apa yang Anda makan dan minum. Makan makanan yang salah dan Anda pasti akan merasakan sensasi luka bakar dan mual. Jadi ada baiknya Anda paham soal apa saja makanan untuk penderita asam lambung.

Penderita asam lambung mengalami gangguan pada sistem pencernaan di mana cincin otot atau katup antara kerongkongan dan perut mengalami masalah. Lower Esophagus Sfingter (LES) adalah sebutan untuk otot antara kerongkongan dan perut. Pada kondisi normal dan sehat, LES tersebut akan terbuka saat Anda menelan makanan menuju perut.

Dilansir dari Gastronoca, Minggu (12/12/2021), berikut adalah daftar makanan untuk penderita asam lambung, baik yang dianjurkan dan dilarang karena dapat memperburuk kondisi.

Roti gandum termasuk makanan untuk penderita asam lambung. (shutterstock)

Anjuran Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Baca Juga: 5 Makanan untuk Asam Lambung, Salah Satunya Putih Telur

Sayuran dan buah-buahan

Hampir semua buah dan sayuran membantu mengurangi asam lambung. Makanan untuk penderita asam lambung rendah lemak, rendah gula, dan menyediakan serat dan nutrisi penting.

Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh penting karena mengandung serat tinggi. Beras merah, oatmeal, dan roti gandum akan membantu meredakan gejala asam lambung.

Makanan untuk penderita asam lambung ini adalah sumber serat yang baik dan dapat membantu menyerap asam lambung.

Baca Juga: Refluks Asam Lambung Umum Terjadi, Hindari 5 Makanan & Minuman Ini Agar Tak Makin Parah

Protein tanpa lemak

Sumber protein rendah lemak dan tanpa lemak misalnya ayam, makanan laut, tahu, dan putih telur. Cara terbaik untuk menyiapkannya adalah direbus atau dipanggang.

Kacang, kacang polong, dan lentil

Selain menjadi sumber serat yang baik untuk meredakan asam lambung, kacang-kacangan, kacang polong, dan lentil juga menyediakan protein, vitamin, dan mineral.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Banyak kacang-kacangan dan biji-bijian yang menyediakan serat dan nutrisi dan dapat membantu menyerap asam lambung. Almond, kacang tanah, chia, delima, dan biji rami adalah pilihan yang sehat.

Yogurt

Yogurt tidak hanya menenangkan kerongkongan yang teriritasi, tapi juga menyediakan probiotik yang mendukung saluran pencernaan terutama untuk penderita asam lambung. Selain itu, tentu yogurt adalah sumber protein yang baik.

Lemak sehat

Lemak adalah nutrisi yang diperlukan, tetapi makan terlalu banyak makanan berlemak dapat memicu refluks asam. Mengganti lemak tidak sehat dengan lemak tak jenuh dapat membantu. Alpukat, minyak zaitun, kenari, dan produk kedelai adalah pilihan yang baik untuk lemak sehat.

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan telah digunakan sejak lama untuk meringankan masalah pencernaan. Jahe dapat ditambahkan ke dalam sajian smoothie, sup, tumis maupun hidangan lainnya atau diseduh sebagai teh.

Ilustrasi Onion Ring (Envato elements by keko64)
Ilustrasi Onion Ring (Envato elements by keko64)

Larangan Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Cokelat

Camilan favorit banyak orang ini hadir dengan sisi gelapnya. Cokelat mengandung kafein, kakao, dan bahan kimia tanaman yang semuanya dapat memicu mulas dan gas dari perut terlepas hingga tenggorokan

Peppermint

Dikenal menenangkan usus sensitif, peppermint malah memiliki efek sebaliknya pada asam lambung. Peppermint melemaskan otot-otot yang digunakan untuk pencernaan yang bisa meningkatkan kadar asam lambung.

Makanan berlemak

Jika Anda merasa makanan berlemak membuat tubuh lesu, Anda benar. Makanan berlemak dapat mengendurkan LES dan memperlambat pencernaan. Saat makanan lebih lama berada di perut, tubuh akan merespons dengan menghasilkan lebih banyak asam.

Makanan yang digoreng seperti onion ring adalah penyebab yang jelas. Daging seperti bacon dan produk susu murni juga menyebabkan gejala asam lambung.

Makanan pedas

Makanan pedas memperburuk asam lambung. Capsaicin dalam banyak makanan pedas dapat memperlambat pencernaan. Tapi sebelum sejauh itu, makanan pedas bisa mengiritasi kerongkongan yang sudah teriritasi saat ditelan.

Makanan dan minuman asam

Makanan asam adalah larangan umum makanan untuk penderita asam lambung. Makanan seperti buah dan jus jeruk, tomat dan produk tomat, nanas, dan saus salad vinaigrette semuanya memiliki kandungan asam yang tinggi.

Bawang putih

Bawang putih, terutama mentah, diketahui menyebabkan mulas dan sakit perut pada orang sehat. Kandungan asam ekstra akan menjadi pemicu rasa mulas.

Oleh karena itu, mengonsumsi bawang putih lebih mungkin menyebabkan masalah bagi mereka yang menderita asam lambung.

Minuman yang mengandung alkohol, kafein, atau karbonasi

Alkohol dan kafein sama-sama mengendurkan otot LES, memungkinkan asam bocor ke kerongkongan. Gelembung dalam karbonasi "memperluas" perut penderita asam lambung, kemudian mendorong isi perut ke atas melawan LES.

Efek inilah yang membuat soda, kopi dan teh, dan minuman beralkohol menjadi pemicu asam lambung terganggu. Berhati-hatilah dengan minuman campuran, yang dapat menggabungkan pemicu asam lambung lebih buruk.

Itulah daftar larangan dan anjuran makanan untuk penderita asam lambung yang perlu Anda ketahui. Jika asam lambung terjadi lebih dari 2 kali seminggu, segera periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar