facebook

5 Kebiasaan Ini Sering Disepelekan, Tetapi Ternyata Bisa Merusak Hubungan Persahabatan

Vania Rossa
5 Kebiasaan Ini Sering Disepelekan, Tetapi Ternyata Bisa Merusak Hubungan Persahabatan
Ilustrasi hubungan persahabatan. (Pixabay)

Beberapa kebiasaan kecil yang sering dianggap biasa, bisa menghancurkan hubungan persahabatan.

Suara.com - Sama seperti hubungan lainnya, hubungan persahabatan juga perlu dijaga. Dan tahukah kamu, ternyata beberapa kebiasaan kecil yang sering dianggap biasa, bisa menghancurkan hubungan persahabatan.

Ya, kebiasaan tertentu yang sering kamu lakukan dan dianggap biasa, ternyata dapat melukai persahabatan dengan cara yang halus. Kamu mungkin tidak akan bisa mendeteksinya dalam waktu lama. Tapi seiring waktu, itu akan menumpuk sebagai kebencian.

Nah, untuk menjaga hubungan persahabatan tetap kuat, kamu harus tahu apa saja kebiasaan yang dapat merusak hubungan persahabatanmu. Berikut adalah 5 kebiasaan yang dapat merusak persahabatan dari waktu ke waktu, melansir dari laman Well and Good:

1. Merasa selalu benar
Memaksakan semua kehendak dan pendapatmu kepada teman akan memberi kesan bahwa pendapat temanmu kurang berharga. Padahal, menurut psikolog dan pakar persahabatan Marisa G. Franco, PhD, persahabatan yang sehat dibangun dari mutualitas, yang berarti setiap orang berbagi perspektif dan mempertimbangkan sudut pandang orang lain.

Baca Juga: 4 Langkah Sederhana Membangun Kebiasaan Baik, Terapkan Sekarang Juga!

2. "Aku juga pernah begitu!"
Ketika temanmu menceritakan masalahnya kepadamu, bukannya mendengarkan sampai selesai dan memberi saran, kamu malah mengatakan, "Aku juga pernah begitu!"

Mungkin hal ini tampaknya biasa saja, tapi, kata Jackson, meskipun ini adalah niat yang mulia, hal itu bisa membuat temanmu merasa kalau kamu tidak tertarik dengan apa yang dia katakan.

Cobalah untuk mendengarkan secara aktif, yaitu berusaha untuk mengajukan pertanyaan lanjutan kepada teman ketika mereka sedang berbagi. Dan, jangan tergoda untuk membagikan kisah pribadimu meski persis sama seperti yang temanmu alami.

3. Mengubah hangout dengan teman menjadi kencan pribadi
Bahkan jika temanmu setuju kamu membawa pacar saat hangout dengannya, lama kelamaan hal ini dapat menimbulkan kebencian. Kamu seolah mengirim sinyal bahwa persahabatanmu dan dia tidak layak untuk mendapat prioritas.

“Jika temanmu tidak mengenal pacarmu dengan baik, itu bisa membuat mereka merasa tidak nyaman atau kecewa, terutama jika mereka ingin melakukan percakapan intim denganmu,” kata psikolog dan pakar persahabatan Irene S. Levine, PhD.

Baca Juga: 5 Tips Mengubah Suami Pemalas Jadi Bersemangat, Wajib Disimak!

4. Melihat ponsel saat sedang mengobrol
Melihat ponsel saat di tengah percakapan, umumnya dianggap tidak sopan. Tetapi berdasarkan penelitian terbaru, orang mungkin lebih cenderung melakukan hal itu ketika mereka berada dalam kelompok yang terdiri dari tiga orang atau lebih.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar