facebook

9 Makanan Ibu Hamil, Butuh Asupan Daging hingga Kacang-kacangan

Rima Sekarani Imamun Nissa
9 Makanan Ibu Hamil, Butuh Asupan Daging hingga Kacang-kacangan
Ilustrasi Ibu Hamil. (Pixabay/Cparks)

Apa saja makanan ibu hamil yang aman dan sehat untuk dikonsumsi? Berikut penjelasannya.

Suara.com - Pemilihan makanan ibu hamil merupakan hal yang penting. Hal itu karena sumber makanan yang masuk dari mulut ibu hamil nantinya juga akan diterima oleh janin. Asupan makanan untuk ibu hamil yang tepat juga memegang peran penting untuk pertumbuhan kecerdasan otak, tulang, mata, dan berbagai kondisi kesehatan pada si calon bayi.

Supaya tidak salah pilih, dilansir dari laman Healthline, berikut 9 makanan pilihan untuk ibu hamil.

Susu dan Olahannya

Ilustrasi susu (Pixabay/Couleur)
Ilustrasi susu (Pixabay/Couleur)

Selama masa kehamilan, kebutuhan protein dan kalsium akan meningkat seiring dengan pertumbuhan si kecil di dalam perut. Kebutuhan ini dapat diperoleh dari susu dan olahannya seperti keju, susu, dan yogurt.

Baca Juga: Tips Persiapan Perjalanan dan Naik Pesawat Bagi Ibu Hamil

Selain tinggi kalsium dan protein, susu mengandung fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc yang baik untuk bayi. Beberapa jenis yoghurt bahkan mengandung bakteri probiotik yang mendukung kesehatan pencernaan.

Kacang-Kacangan

Makanan selanjutnya untuk ibu hamil adalah bermacam kacang-kacangan, termasuk kacang polong, buncis, dan kedelai. Salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan dari kacang-kacangan adalah folat, terutama pada kehamilan di trimester pertama dan sebelumnya.

Setidaknya dibutuhkan 600 mikrogram folat setiap harinya yang dapat dipenuhi melalui kacang-kacangan dan suplemen dari dokter. Selain itu, tingginya serat pada kacang-kacangan juga baik untuk ibu hamil.

Ubi Jalar

Baca Juga: Yuk Kenali, 5 Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil

Tidak hanya enak rasanya, ubi jalar juga memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil seperti beta karoten dan vitamin A. Namun, berhati-hatilah dengan sumber vitamin A hewani dalam jumlah berlebihan karena dapat menyebabkan toksisitas.

Serat nabati dan beta karoten yang tinggi pada ubi jalar juga dapat menekan rasa lapar dan mencegah terjadinya lonjakan gula darah. Di samping itu, serat akan melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit.

Salmon

Kandungan asam lemak omega-3 esensial pada jeni ikan satu ini merupakan sumber makanan ibu hamil yang sangat baik karena dapat membantu membangun kecerdasan otak dan mata bayi.

Salmon juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menggantikan asupan beberapa makanan laut yang berkemungkinan mengandung merkuri seperti pada ikan marlin, raja makarel, dan tuna mata besar. Salmon pun tinggi vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan kekebalan tubuh.

Ilustrasi telur rebus. (Pexels/Jane D.)
Ilustrasi telur rebus. (Pexels/Jane D.)

Telur

Dengan harga yang sangat terjangkau, telur juga baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil. Pada satu butir telur besar, setidaknya terkandung 80 kalori, protein berkualitas tinggi, lemak, vitamin, dan mineral.

Telur juga merupakan sumber dari kolin, nutrisi yang penting untuk perkembangan otak dan tulang bayi.

Brokoli dan sayuran daun hijau gelap

Brokoli dan sayuran berwarna daun hijau gelap seperti bayam dan kangkung, mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Selain bisa membantu mengatasi sembelit dengan tingginya kandungan serat, sayuran ini juga mengandung vitamin C, K, A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium.

Daging dan Protein Tanpa Lemak

Daging sapi, ayam, dan babi tanpa lemak adalah sumber protein dengan kualitas terbaik. Selain itu, mereka juga kaya akan zat besi, kolin, dan vitamin B yang dibutuhkan dalam jumlah besar saat masa kehamilan.

Berry

Meski berukuran kecil, berry menyimpan beragam kebaikan untuk ibu hamil seperti air, karbohidrat sehat, vitamin C, serat, dan antioksidan. Selain itu, indeks glikemiknya yang rendah juga dapat mencegah adanya lonjakan gula darah.

Biji-Bijian Utuh

Biji-Bijian utuh seperti gandum, beras merah, quinoa, dan barley mengandung nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan roti biasa, pasta, dan nasi putih. Gandum dan quinoa bahkan mengandung protein yang cukup tinggi, serta vitamin B, serat, dan magnesium yang dibutuhkan ibu hamil.

Itulah mengapa biji-bijian utuh termasuk makanan ibu hamil yang aman dikonsumsi dan tentunya sehat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar