facebook

Pecahkan Rekor Dunia, Burger Vegan Raksasa Ini Punya Berat 160,5 Kilogram

Rima Sekarani Imamun Nissa | Hiromi Kyuna
Pecahkan Rekor Dunia, Burger Vegan Raksasa Ini Punya Berat 160,5 Kilogram
Burger vegan terbesar di dunia (YouTube Finnebrogue Artisan)

Burger vegan raksasa ini berhasil memecahkan rekor dunia dengan berat fantastis.

Suara.com - Belakangan ini, gaya hidup pegang sedang cukup populer di tengah masyarakat. Tak heran, sejumlah restoran pun mulai membuat menu makanan vegan yang tak mengandung daging hewan, susu, maupun telur.

Sebuah perusahaan pun kemudian memutuskan untuk membuat burger vegan terbesar di dunia. Melansir dari Fox News, Finnebrogue Artisan, produsen daging Inggris di Irlandia Utara, memecahkan rekor dunia untuk burger vegan terbesar pada bulan November.

Finnebrogue Artisan, yang juga menjual produk vegan dan vegetarian, menggunakan resep 'Naked Evolution Burger' untuk rekor dunianya. Burger terbesar di dunia ini disebutkan setara dengan 1.274 'Naked Evolution Burger' berukuran biasa.

Untuk membuat burger raksasa ini, mereka menggunakan tomat sebanyak 10 kilogram, sekitar 7 kilogram keju, 2 kilogram bawang tembakau, 5 kilogram acar, 5 kilogram irisan daging vegan, dan 5 kilogram saus spesial. Keseluruhan berat dari burger vegan terbesar di dunia ini pun mencapai 160,5 kilogram.

Baca Juga: Pria Order Burger Isi Kebab ke Penjual, Hasil Jadinya Bikin Warganet Heran

Semua bahan yang digunakan untuk membuat burger raksasa ini pun sudah terverifikasi sebagai vegan. Jadi, tak ada satu pun bahan yang mengandung daging hewan maupun produk turunan lainnya seperti susu, lemak, dan telur.

Burger vegan terbesar di dunia (Twitter @finnebrogue)
Burger vegan terbesar di dunia (Twitter @finnebrogue)

Untuk memasak burger berukuran luar biasa besar ini, Finnebrogue Artisan membutuhkan hampir 9 jam untuk proses memasaknya. Roti vegan yang digunakan pun disediakan oleh toko roti lokal.

"Kami menetapkan target berat 100 kilogram tetapi kami tahu dari awal kami ingin melebihi itu," ungkap Sean Kearney selaku manajer proses inovasi Finnebrogue Artisan.

Mereka juga membuat tim untuk bersama-sama merancang dan membangun semuanya, termasuk ayunan untuk membantu proses membalik patty selama memasak. Bagian membalik patty raksasa itu juga menjadi momen paling menantang yang mereka lakukan.

Salah satu pedoman dalam Guinness World Records adalah makanan yang memecahkan rekor tak boleh terbuang percuma. Dengan berlandaskan hal tersebut, Finnebrogue Artisan menyumbangkan sebagian besar burgernya ke badan amal lokal.

Baca Juga: Bukan Cuma Mi Instan, Pendaki Gunung Ini Sajikan Beragam Makanan Mewah saat Berkemah

Nantinya, badan amal lokal tersebut akan mendistribusikan burger itu kepada orang-orang yang kehilangan tempat tinggal. Selain itu, beberapa staf perusahaan juga ikut menikmati burger vegan pemecah rekor tersebut.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar