facebook

Hanya Punya Satu Tangan, Lelaki Ini Buat Tangan Palsu Robotik dari Plastik

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Hanya Punya Satu Tangan, Lelaki Ini Buat Tangan Palsu Robotik dari Plastik
Lelaki Ini Buat Tangan Palsu Robotik dari Plastik. (Enzo Romero/LAT Bionics)

Enzo Romero membuat tangan palsu robot dari plastik yang bisa menjepit, membawa, hingga menekan.

Suara.com - Terinspirasi dari Luke Skywalker yang melengkapi tangannya dengan tangan palsu robotik, seorang lelaki yang terlahir dengan satu tangan terinspirasi membuat tangan palsunya sendiri.

Ia adalah Enzo Romero, lelaki asal Cusco, Peru yang membuat tangan palsu robot dari plastik yang bisa menjepit, membawa, hingga menekan. Alat ini berhasil ia buat setelah belajar mekatronik di ibu kota Lima.

Hasilnya, Romero berhasil memecahkan kode untuk mengembangkan anggota badan yang bisa merasakan, tapi tujuannya adalah membuat alat tersebut lebih terjangkau dan tersedia untuk sesama anggota Peru.

"Kami memiliki kapasitas untuk mengembangkan teknologi kami sendiri, dengan mempertimbangkan kebutuhan orang-orang kami," ujar lelaki pendiri LAT Bionics 2022 TED Fellow, mengutip Insider, Kamis (14/4/2022).

Baca Juga: Jadi Tren Medis, Ini 3 Fakta Menarik Teknologi Bedah Robotik

Pembuatan tangan palsu robotik yang awalnya dikembangkan untuk diri sendiri itu, saat ini produk itu sudah digunakan di wilayah tempat tinggalnya.

Kini Romero juga sudah menjual tangan palsu dengan harga terjangkau, yang di dalamnya memiliki satu mesin, penjepit, pembawa, dan kemampuan menekan.

Sudah ada 20 orang di Peru yang menggunakan tangan palsu robotik ini. Hal ini karena banyak klien ditemukan kehilangan tangan mereka saat kecelakaan kerja, dan mereka membayar anggota tubuh baru ini dengan mencicil.

Adapun tangan palsu robotik ini dijual dengan harga mulai dari 800 dollar atau setara Rp 11,4 juta untuk model yang mekanis dan mengandalkan tenaga tubuh.

Tapi ada juga yang seharga 2.500 dollar atau setara Rp 35,8 juta yang dilengkapi dengan sensor elektromiografi (EMG), yang mampu mengontrol tangan palsu hanya melalui gerakan otot kecil yang dibuat oleh pemakainya.

Baca Juga: Apa Jadinya Jika Perang di Masa Depan Libatkan Tentara Robot?

Komentar